70 Persen primata di Indonesia terancam punah

Jumat, 30 Januari 2015 17:57 Reporter : Tommy A Lasut
70 Persen primata di Indonesia terancam punah demo primata. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Dari 440 jenis primata di dunia, lebih dari 40 jenis di antaranya ada di Indonesia. Sayangnya, 70 persen dari angka tersebut terancam punah.

"Tujuh puluh persen jenis primata Indonesia terancam punah karena hilangnya habitat alami mereka yaitu hutan dan perdagangan ilegal," ujar Field Manager Macaca Nigra Project Stephen Lentey, di sela-sela peringatan Hari Primata Indonesia, di Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/1).

Dikatakannya, primata yang terancam punah itu tidak dapat memperjuangkan kelestarian mereka sendiri maupun habitatnya, sehingga diperlukan partisipasi aktif masyarakat demi kelangsungan hidup primata langka tersebut.

Fakta itu mendorong Protection of Forest and Fauna (PROFAUNA) Indonesia sejak tahun 2014 menggagas adanya Hari Primata Indonesia. Peringatan Hari Primata ini diharapkan kelak dapat menjadi sebuah pergerakan besar yang diperingati secara sukarela oleh masyarakat Indonesia.

"Ini akan membuat kita selalu diingatkan kembali akan kewajiban manusia untuk menjaga kelestarian alam, termasuk satwa liar, demi kehidupan kita sendiri," lanjut Stephen.

Sementara itu, peringatan Hari Primata Indonesia juga digunakan sebagai ajang pengenalan primata terhadap murid-murid Sekolah Dasar (SD) GMIM 6 Danowudu, Bitung, untuk lebih mengenal Monyet Hitam Sulawesi yang dalam bahasa lokal disebut Yaki. Monyet endemik dan terancam punah tersebut hidup di sekitar tempat tinggal mereka terutama di hutan-hutan yang tersisa di Tangkoko, Bitung.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pendidikan Konservasi Tangkoko yang bekerjasama dengan Macaca Nigra Project dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia yang diperingati setiap tanggal 30 Januari.

"Kami mendatangi anak sekolah agar mereka sejak dini kenal satwa khas yang terancam punah ini dan hidup di sekitar mereka," ujar staff Pendidikan Konservasi Tangkoko, Deity Mekel.

Selain di Bitung, kegiatan bertajuk 'Saya adalah Primata' juga dilaksanakan di beberapa SD dan Madrasah di Airmadidi, Minahasa Utara yang bermitra dengan Nature and Education. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Satwa Indonesia
  2. Manado
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini