53 Keluarga korban Lion Air JT 610 dapat pendampingan psikolog

Kamis, 1 November 2018 13:13 Reporter : Merdeka
53 Keluarga korban Lion Air JT 610 dapat pendampingan psikolog Keluarga korban lihat barang penumpang Lion Air JT 610. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Operasi DVI Polri menyampaikan informasi terbaru terkait pendampingan psikologis keluarga korban musibah pesawat Lion Air JT 610. Sejauh ini, sudah diturunkan 20 psikolog untuk melakukan pendampingan, terutama untuk penyembuhan trauma.

Tenaga psikolog ini adalah hasil sinergi bantuan dari Biro Psikologi Mabes Polri, Psikologi Polda Metro Jaya, Rumah Sakit Polri, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), dan TNI Angkatan Udara.

"Sampai saat ini sudah ada 53 keluarga yang menjalani pendampingan, dan tidak hanya keluarga korban, tapi juga dari petugas. Jadi siapa pun yang perlu pendampingan akan dilakukan pendampingan," ujar Kepala Rumah Sakit RS Polri, Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Kamis (1/11).

AKP Angela selaku pendamping psikologis menjelaskan, kondisi keluarga korban saat ini cukup beragam.

"Kondisi keluarga jawabannya luas, mulai dari yang terima sampai tidak terima informasi yang kami sampaikan," ujarnya.

Menurutnya, banyak dari keluarga, petugas, atau kerabat korban yang datang untuk mendapat pendampingan psikologis karena mereka tidak sanggup menghadapi beban emosi.

"Mungkin mereka datang mengungkapkan rasa lelah dan curhat, atau tidak terima, sedih, kecewa, belum terima keadaan dan datang kami lakukan pendampingan psikologis," tutupnya.

Selain itu, sampai hari ini Operasi DVI Polri menyampaikan total keluarga yang melapor di Rumah Sakit Polri Kramat Jati sudah berjumlah 212 laporan. Ini adalah penambahan sebanyak 21 laporan dari sebelumnya yang hanya berjumlah 191.

Namun, hasil verifikasi juga menemukan beberapa aduan yang sama. Total data antemortem terverifikasi hanya berjumlah 189 dari 212 laporan karena adanya data ganda.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini