4 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Study Exchange ke Jepang

Kamis, 11 Juli 2019 17:56 Reporter : Haris Kurniawan
4 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Study Exchange ke Jepang 4 Mahasiswa Indonesia berkesempatan Study Exchange ke Jepang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Empat mahasiswa Fakultas Teknik kembali mendapat kesempatan untuk exchange ke Jepang di kampus Teikyo University Utsunomiya Campus pada 27 Mei hingga 2 Juni 2019.

Mereka mendapat dukungan dari Japan Science and Technology melalui Sakura Science Program. Mereka yang berangkat adalah Adelya Anjany (Mechanical Engineering 2016), Edmun Iro Kavalo Halawa (Mechanical Engineering 2017), Muhammad Yeza Baihaqi (Electrical Engineering 2016) dan Andre Muslim (Electrical Engineering 2016).

Keberangkatan dari Indonesia pada tanggal 26 Mei 2019 didampingi oleh dosen Dr.Eng. Lydia Anggraini dan setiba di Jepang hari pertama, para mahasiswa langsung mendapat pengarahan mengenai program yang dilaksanakan di kampus selama study exchange disana.

Kemudian hari kedua, para mahasiswa ini sudah langsung masuk ke kelas untuk mendapatkan pelajaran mengenai Automobile System dan Fuel Consumption dari advisor di Mechanical Engineering Laboratory, Prof. Akira Kato, selain itu mahasiswa juga berkesempatan mengunjungi laboratorium yang ada disana termasuk di bidang Aerospace dan Robotics.

Di hari ketiga, dilakukan real test drive untuk menguji fuel consumption menggunakan Nissan Serena yang dikendarai selama kurang lebih 1 jam mengeliling down town kota Utsunomiya.

Melalui kegiatan exchange ini, para mahasiswa diberikan studi kasus singkat khususnya di bidang Mechanical Engineering, karena salah satu keunggulan dari Teikyo University memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan pengujian menggunakan mesin diesel dan juga di bidang Aerospace serta Robotics Engineering. Mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program ini tentunya telah melewati seleksi yang salah satu syaratnya adalah memiliki outstanding prestasi akademik maupun non-akademik serta belum pernah mengunjungi Jepang sebelumnya. Selain itu kemampuan bahasa Inggris serta bahasa Jepang menjadi persyaratan tambahan yang tidak kalah pentingnya untuk mengikuti program ini.

Tujuan lainnya adalah memberikan pengalaman mengenai pembelajaran laboratorium di Universitas Jepang serta mengenalkan science dan technology yang ada di negara maju Jepang. Karena dalam kesempatan ini peserta juga mengunjungi Science Museum Miraikan di Odaiba, Tokyo serta Honda Gallery termasuk berinteraksi dengan ASIMO robot.

Selain itu dalam kunjungan kali ini, prestasi membanggakan Juara I diraih oleh Adelya Anjany yang berkesempatan mencicipi salah satu circuit terbesar dimana para pembalap terkemuka dunia melakukan aksinya yaitu di Twin Ring Motegi Moto GP Tochigi Jepang. Adel, berhasil meraih Juara I dalam kompetisi gokart.

Sungguh menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para mahasiswa yang mengikuti program ini, selain mendapatkan ilmu pengetahuan sekaligus mendapatkan pengalaman yang bermakna serta motivasi untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi khususnya di negara maju Jepang. Semua pembelajaran yang diperoleh mahasiswa tersebut juga telah terbukti mampu mendukung karir di perusahaan besar milik negara maupun swasta, serta pendidikan yang lebih tinggi di masa depan. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
  2. Berita Jababeka
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini