200 Personel Brimob berlatih di hutan belantara Kaltim selama 2 bulan

Senin, 28 Mei 2018 20:16 Reporter : Saud Rosadi
200 Personel Brimob berlatih di hutan belantara Kaltim selama 2 bulan Irjen Pol Priyo Widyanto cek pasukan Brimob Kaltim. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Polda Kalimantan Timur mempertajam kemampuan satuan Brimob. 200 personel Brimob diterjunkan mengikuti latihan bertempur di hutan Kalimantan Timur. Mereka mengikuti latihan itu selama dua bulan.

Latihan pasukan Brimob mengambil tempat di hutan belantara Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Latihan itu dipastikan bakal menambah profesionalitas Brimob, misal dihadapkan untuk memburu teroris.

"Satuan Brimob latihan mulai hari ini selama dua bulan di Paser," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Ade Yaya Suryana dikonfirmasi merdeka.com, Senin (28/5) malam.

Pelepasan personel Brimob yang berasal dari Kompi A Brimobda Balikpapan dan Kompi B Brimobda Samarinda itu dilakukan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Priyo Widyanto, di halaman Mapolda Kaltim, Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, sekitar pukul 15.30 WITA sore tadi.

Ratusan personel Brimob itu akan belajar bertahan hidup di hutan. Ade memastikan, latihan itu untuk meningkatkan kemampuan personel Brimob.

"Jadi selain tugas keseharian, mereka juga akan belajar bertahan hidup di hutan, melakukan proses evakuasi di hutan, serta penanganan kesehatan ketika rekan mereka sakit di dalam hutan," ungkap Ade.

Pelatihan itu sendiri, belajar dari perburuan teroris seperti yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah. Maka dari itu, Brimob Polda Kaltim dirasa harus mampu berada di segala medan, di hutan sekalipun.

"Seperti disampaikan Pak Kapolri, bahwa Polri itu promoter yakni profesional, modern dan terpercaya, harus bisa di segala medan," tegas Ade.

Masih diungkapkan Ade, medan di Kaltim juga punya kemiripan dengan daerah lain, masih memiliki banyak hutan. "Sehingga, diambil lokasi latihan di kabupaten Paser," tutup Ade. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Brimob
  2. Samarinda
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini