1.380 Polisi Disebar Jelang Milad GAM 4 Desember, Kantor Partai Aceh Dijaga Ketat

Minggu, 4 Desember 2022 01:02 Reporter : Alfath Asmunda
1.380 Polisi Disebar Jelang Milad GAM 4 Desember, Kantor Partai Aceh Dijaga Ketat Kampanye Partai Aceh. ©2014 Merdeka.com/Afif

Merdeka.com - Sejumlah polisi berada di kantor Partai Aceh (PA) di kawasan Batoh, Kota Banda Aceh, sejak dua hari lalu. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan keberadaan polisi untuk menjaga kantor PA jelang peringatan milad GAM.

Juru Bicara PA, Nurzahri menyesalkan keberadaan polisi tersebut. Dia menilai keberadaan polisi seperti ingin mengepung kantor tersebut.

"Kami dari pengurus Partai Aceh tentunya sangat berkeberatan dengan tindakan pengepungan yang tidak berdasar ini karena terkesan sangat arogan dan sangat militeristik," kata Nurzahri, Sabtu (3/12).

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan salah satu aparat yang ditugaskan berada di kantor PA, mereka akan menjaga kantor dari tanggal 2-6 Desember.

Nurzahri mengaku pihaknya tidak mendapat keterangan yang jelas terkait keberadaan polisi yang diklaimnya seperti ingin mengepung kantor tersebut.

“Informasi yang diberikan oleh para petugas ini juga kabur, mereka hanya menunjukkan sekilas surat tugas dari Polda Aceh tentang penugasan tanpa memberikan keterangan lebih lanjut,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Polda Aceh

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy mengatakan, keberadaan polisi di kantor PA tersebut dalam rangka pengamanan demi untuk memastikan tak ada gangguan Kamtibmas jelang Milad GAM pada 4 Desember, besok.

Pengamanan itu, tutur Winardy, dilakukan di sejumlah objek-objek vital di seluruh Aceh, dan kantor PA jadi salah objek yang perlu dijaga polisi.

"Silakan warnai 4 Desember dengan kegiatan positif serta acara keagamaan. Polisi siap mengamankan dan memberi rasa aman," katanya.

Menurut Winardy Polda Aceh menurunkan 1.380 personel untuk mengamankan Milad GAM tahun ini. Pengamanan juga ikut melibatkan TNI dan Satpol PP.

[gil]

Baca juga:
Deklarasi Cabup-Cawabup Aceh Besar dikejutkan pengibaran bendera GAM
Presiden Jokowi ampuni eks GAM yang menghinanya
Mantan panglima GAM kibarkan bendera bulan bintang di Jabal Rahmah
LSM HRWG nilai Din Minimi harus tetap diproses hukum
Soal amnesti Din Minimi, Panglima TNI dukung apapun keputusan Jokowi
Menko Luhut soal amnesti Din Minimi: Jangan diburu-buru
Jika Din Minimi diberi amnesti, Kapolri sebut ada ketidakadilan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini