104 Nama Warga Pontianak Dicatut Parpol, Terbanyak ASN hingga Guru

Selasa, 4 Oktober 2022 11:57 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
104 Nama Warga Pontianak Dicatut Parpol, Terbanyak ASN hingga Guru Logistik Pilkada Depok Mulai Didistribusikan ke TPS. ©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Pontianak, Kalimantan Barat mencatat hingga saat ini sebanyak 104 orang atau warga masyarakat yang melapor ke KPU. Laporan warga itu karena merasa nama mereka dicatut menjadi salah satu pengurus partai politik.

"Sesuai dengan aturan PKPU Nomor 4 tahun 2022, intinya KPU memberikan peluang kepada masyarakat untuk melaporkan, baik secara online dan offline, jika menemukan namanya dicatut sebagai pengurus Parpol," kata Anggota KPU Kota Pontianak, Julhaimi di Pontianak, Selasa (4/10).

Dia menjelaskan, dengan diberikannya peluang itu, maka masyarakat yang merasa tidak menjadi pengurus parpol bisa melapor ke KPU, sehingga saat sekarang tercatat 104 orang yang merasa namanya dicatut menjadi salah satu pengurus partai politik.

2 dari 2 halaman

Warga Diminta Lapor KPU

Sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2022 dan Surat Dinas Nomor 670 tahun 2022 KPU memberikan peluang kepada masyarakat untuk melaporkan secara online ataupun offline jika namanya dicatut sebagai pengurus parpol.

"Kebanyakan masyarakat yang namanya dicatut sebagai pengurus parpol, yakni yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), guru, dan tenaga kesehatan," ujar dia, dikutip Antara.

Dia menambahkan, dari sebanyak 104 laporan itu, yakni sebanyak 46 orang sudah terverifikasi, dan sisanya 58 orang belum terverifikasi. Menurut dia, bagi masyarakat yang merasa namanya dicatut bisa melaporkan balik parpol yang mencatut nama tersebut.

Dia menambahkan, perjalanan parpol untuk atau hingga dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2024 masih cukup panjang sehingga berbagai tahapan itu harus dilalui oleh parpol sampai dinyatakan oleh KPU RI sebagai peserta pemilu. [gil]

Baca juga:
Peristiwa 4 Oktober 2004: Sejarah Pemilu Langsung di Indonesia
Plt Ketua Umum PPP Targetkan 39 Kursi DPR di Pemilu 2024
Giorgia Meloni, Tokoh Sayap Kanan yang Dituding Anti-Migran Menang Pemilu Italia
Respons Anies Dilaporkan ke Bawaslu karena Penyebaran Tabloid di Masjid
Pendaftar Panwascam di Tangerang Membeludak, Partisipasi Perempuan Minim
Potret Pemilu Pertama Kali di Indonesia, Penuh Antusiasme & Antrean Panjang Warga
Demokrat: Zaman SBY, Presiden Tidak Ikut Campur Pemilu

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPU
  3. Pemilu 2024
  4. Pemilu
  5. KILAS
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini