1.000 Personel Polri amankan penetapan capres cawapres di KPU

Kamis, 20 September 2018 13:11 Reporter : Ronald
1.000 Personel Polri amankan penetapan capres cawapres di KPU Apel pengamanan malam takbiran. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) para serta calon presiden dan wakil presiden 2019-2024 pada hari ini, Kamis (20/9). Guna menyukseskan dan mengamankan acara itu, kepolisian turunkan 1.000 personel.

"Ada dari Polres Jakarta Pusat, Sabhara dan Brimob. 1.000 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (20/9).

Dalam pengamanan itu, polisi telah menetapkan beberapa strategi. Salah satunya adalah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas guna menyukseskan tahapan perhelatan pesta demokrasi tersebut. Selain hari ini, polisi juga akan amankan selama selama pilkada berakhir. Untuk melakukan pengamanan.

"Ya itu nanti situasional ya, kita lihat di lapangan seperti apa dulu. Bila tak memungkinkan akan kita lakukan pengalihan arus," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat 'Mantap Brata 2018' dalam rangka upaya pengamanan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Pantauan Liputan6.com, apel digelar sekitar pukul 08.00 WIB. Seluruh pasukan gabungan mulai dari TNI Polri, Damkar, Dishub, dan Satpol PP menjadi peserta upacara tersebut.

Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan TNI-Polri memiliki cukup pengalaman menangani Pemilu tingkat nasional. Namun, menurutnya, Pemilu 2019 membutuhkan penanganan ekstra dibanding tahun sebelumnya.

"Kita memprediksi, kompetisi dalam rangka kontestasi ini akan terjadi di tingkat nasional dan dapil di daerah masing-masing. Bahkan di daerah tertentu kompetisi di satu partai pun ada karena nomor urut. Oleh karena itu kerawanannya selain nasional, ada di daerah dapil masing-masing," kata Tito dalam pidatonya di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/9). [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini