Tips mudah melakukan latihan sirkuit saat berolahraga

Selasa, 26 Juli 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna
Tips mudah melakukan latihan sirkuit saat berolahraga Ilustrasi push up. ©Shutterstock/Supri Suharjoto

Merdeka.com - Tahun 1953 adalah tahun yang penting untuk latihan sirkuit. Latihan sirkuit ini adalah sebuah latihan bisa memperbaiki kondisi tubuh secara bersamaan. Ada banyak prinsip latihan sirkuit yang harus kita kenali. Yang pertama adalah jangka waktu. Faktor utama latihan gerak maju ini adalah waktu. Sebuah jarak yang diambil oleh seorang pelari akan menentukan jangka waktu yang ditentukan oleh waktu yang disebut seri.

Yang kedua adalah jangka waktu pemulihan. Dalam latihan ulang gerak maju, jangka waktu pemulihan ini dilambangkan dengan waktu. Jangka waktu pemulihan ini berdasarkan dari berat dan jangka waktu dari latihannya. Yang ketiga adalah jumlah ulang-ulangan. Dalam latihan gerak maju, jumlah ulang-ulangan ini diartikan dengan berapa kali jarak yang harus dilewati oleh seorang pelari dalam jangka waktu yang sama. Dalam latihan ini, dinamakan dengan jumlah seri-seri atau set.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan latihan sirkuit, yaitu:

  1. Dalam sebuah wilayah, ditentukan ada beberapa pos.
  2. Di setiap pos, para siswa harus melakukan sebuah latihan tertentu. Latihan ini bisa berbentuk latihan kondisi fisik seperti kekuatan, kecepatan, kelincahan atau yang lainnya.
  3. Latihan ini bisa dilakukan tanpa beban.
  4. Bentuk-bentuk latihan di setiap pos adalah lari, pull up, lembar bola medicine, square jump, lari 200 meter, rowing, press squat thrust, naik turun tambang dan lari zigzag.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang bagaimana cara melakukan latihan sirkuit yang baik dan benar. Sebelum melakukannya, kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya nggak terjadi cedera yang serius. Selain itu, latihan sirkuit ini punya banyak sekali manfaat untuk tubuhmu kan? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini