Sudah kenal dengan lumut (Bryophyta)? Ini ciri-cirinya

Rabu, 13 April 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna
Sudah kenal dengan lumut (Bryophyta)? Ini ciri-cirinya Tren baru melihat lumut. ©Kyodo News

Merdeka.com - Apakah kamu suka melihat tanaman dan bercocok tanam? Kingdom Plantae (tumbuhan) adalah salah satu kingdom yang mempunyai banyak sekali anggota. Beragam tumbuhan dalam ilmu Biologi diklasifikasikan menjadi sejumlah divisi. Divisi dibagi lagi pada tingkatan yang lebih rendah meliputi kelas, bangsa, suku, marga, dan jenis.

Ada 2 divisi dalam kingdom ini, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh terdiri dari lumut (Bryophyta) dan lumut kerak (Lichenes). Kali ini, yuk kita bahas tentang ciri-ciri tumbuhan yang termasuk dalam Bryophyta (lumut). Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. sudah mempunyai lapisan pelindung (kutikula dan gametangia)
  2. struktur tubuhnya mempunyai generasi gametofit
  3. sperma diproduksi oleh anteridium dan ovum diproduksi oleh arkegonium
  4. biasa hidup di tempat-tempat yang lembap dan tidak terkena cahaya matahari, seperti dinding bata basah, tebing, atau di kulit kayu yang lembab
  5. belum mempunyai batang, daun dan akar yang sebenarnya
  6. sudah punya buluh-buluh halus semacam akar yang disebut rizoid
  7. sudah memiliki klorofil, sehingga ia sudah bisa memproduksi makanannya sendiri

Sama seperti tumbuhan lain, lumut juga bisa berkembang biak. Lumut dapat berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual. Kedua cara pembiakan itu berlangsung silih berganti sehingga terjadi pergantian keturunan atau pergiliran keturunan (metagenesis). Sangat menarik, kan? Dengan cara itulah lumut sekarang bisa ada dimana-mana. Bryophyta bisa dibagi lagi menjadi:

  1. Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)
  2. Kelas Anthoceropsida (Lumut Tanduk)
  3. Kelas Bryopsida (Lumut Sejati atau Daun)

Dengan mengetahui jenis-jenis tumbuhan, kamu bisa belajar banyak dan mengambil hikmah. Kamu pun bisa ikut melestarikan keindahan alami tumbuhan yang ada di Bumi. Yuk belajar lebih banyak tentang Kingdom Plantae! [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini