Mau hebat? Coba jurus 6 dalam pencak silat ini, yuk!

Selasa, 26 Juli 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna
Mau hebat? Coba jurus 6 dalam pencak silat ini, yuk! Hatta Rajasa pencak silat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Ada berbagai macam seni beladiri di dunia ini, mulai karate, taekwondo sampai kendo. Namun, pernahkah kamu mengenal tentang pencak silat? Pencak silat ini adalah sebuah beladiri asli dari Indonesia. Untuk bisa menguasai pencak silat, ada beberapa jurus yang harus kamu kuasai, salah satunya adalah jurus 6 yang mewakili tentang kebenaran, keadilan dan juga kejujuran. Pola yang digunakan dalam jurus 6 ini adalah pola lantai lurus dan pola langkah angkatan. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Gunakan pasang 4, yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang dan tangan kiri disilangkan di perut. Tepuk paha dengan tangan kanan, setelah itu, silangkan tangan kiri di depan dada.
  2. Lakukan siku-siku dan kuda-kuda di tempat tengah.
  3. Setelah itu, lakukan tendangan depan ke kanan dengan tangan kanan menepuk paha. Jangan lupa untuk menyilangkan tangan kiri di depan dada.
  4. Lakukan pasang di bawah, yaitu dengan duduk dengan tumpuan kaki kanan dan buka tangan kiri ke belakang. Selain itu, topang badan dengan tangan kanan.
  5. Setelah itu, lakukan tendangan samping dari bawah ke kiri dengan posisi berbaring. Selain itu, letakkan tangan kiri di depan kepala dengan tangan kanan menumpu badan.
  6. Letakkan kaki kiri di depan sempok dengan tangan kanan ke atas mewakili menjunjung kebenaran.
  7. Putar badan ke kanan dengan melakukan tangkisan ke samping kanan badan dan gunakan kuda-kuda depan kanan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang bagaimana cara melakukan jurus 6 ini. Jurus ini memiliki hubungan dengan butir Pancasila loh. Lakukan ini dengan latihan yang rutin dan lakukan dengan baik. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini