Manfaat dan bahaya di balik salju di musim dingin

Kamis, 28 Juli 2016 11:00 Reporter : Dewi Ratna
Manfaat dan bahaya di balik salju di musim dingin Aksi ski salju di Antartika. ©Daily Mail

Merdeka.com - Saat suhu sangat dingin, air dalam awan akan membeku dan membentuk kristal-kristal salju. Saar kristal-kristal itu jatuh dari awan, mereka bergabung satu sama lain menjadi keping salju.

Salju punya banyak manfaat, loh! Ia dapat membantu tanaman (misalnya gandum musim dingin) dengan melindungi mereka dari embun beku dan angin kering yang dingin. Di berbagai belahan dunia, daerah bersalju adalah tempat terbaik untuk bermain. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan di salju, misalnya ski, berseluncur, dan membuat bola salju atau manusia salju. Pada masa lalu, orang-orang Inuit dari Kanada bagian utara dan Greenland membangun rumah dari salju yang disebut Igloo.

Meskipun punya banyak manfaat, tapi salju juga bisa membahayakan bagi manusia. Dalam angin kencang, salju dapat tertiup menjadi tumpukan yang disebut gundukan salju. Pada daerah yang dekat jalan raya, gundukan salju akan menutupi jalan-jalan, sehingga harus dibersihkan dengan menggunakan traktor besar yang memiliki sekop salju di bagian depannya. Pada kasus-kasus ekstrem di pedesaan, gundukan salju bisa sangat tinggi dan mengisolasi seluruh desa. Akhirnya, bahan makanan nggak bisa dikirimkan lewat jalur darat dan harus menggunakan helikopter di jalur udara. Nggak cuma itu, salju juga bisa merobohkan tiang listrik dan memutuskan sambungan listrik.

Salju berbeda dengan hujan es. Keping salju lebih ringan dari butiran es dan mengandung lebih banyak udara yang terperangkap di dalamnya. Sementara itu, butiran es cenderung lebih berat seperti pil-pil beku. So, salju juga beda dengan embun beku yang ada di rumput atau tanah. Meskipun begitu, kadang warna embun beku putih banget sehingga ia sering dikira salju. Jadi, jangan salah mengenali, yah! [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini