Jadikan daya tahan tubuh makin baik dengan latihan sirkuit

Selasa, 26 Juli 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna
Jadikan daya tahan tubuh makin baik dengan latihan sirkuit Ilustrasi pusat kebugaran. ©Shutterstock/Kiselev Andrey Valerevich

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang latihan sirkuit? Sistem latihan sirkuit ini pertama kali dikenalkan oleh Morgan dan Adamson di tahun 1953. Mereka berdua mengenalkannya di Inggris, tepatnya di University of Leeds. Semenjak saat itu latihan sirkuit semakin terkenal dan banyak diakui oleh para pelatih dan ahli jasmani. Hal ini dikarenakan sistem ini dianggap sebagai sistem yang bisa memperbaiki kondisi tubuh secara bersamaan. Mulai dari daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, mobilitas sampai kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki oleh tubuh bisa diperbaiki oleh sistem latihan sirkuit ini.

Bentuk dari semua latihan sirkuit ini adalah kombinasi dari semua latihan fisik yang sudah ada. Latihan ini bisa berbentuk lari naik turun tangga, lari samping , lari belakang, melempar bola dan juga berbagai macam latihan angkat beban. Tentu saja hal ini nggak punya efek buruk bagi tubuh. Bentuk-bentuk latihan ini disusun dalam sebuah lingkaran dan lingkaran inilah yang dinamakan latihan sirkuit.

Ada beberapa macam prinsip latihan sirkuit, salah satunya adalah berat latihan. Berat latihan adalah kecepatan maju dalam meter per detik yang ada pada gerakan-gerakan maju. Misalnya saja dalam latihan lari zig-zag, seorang pelari akan punya beban yang lebih banyak kalau waktunya dipercepat. Berlari zig-zag 50 meter dalam 10 detik akan lebih sulit daripada dalam 12 detik. Beban berat ini bisa dipindahkan pada kilogram di latihan beban yang lainnya atau dengan alat-alat yang lainnya, misalnya saja berat badan diri sendiri.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang asal mula latihan sirkuit dan salah satu contoh prinsip latihan sirkuit. Tanpa pengetahuan ini, kamu nggak akan tahu lebih banyak tentang latihan sirkuit ini. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini