Belajar bikin teks pengumuman dengan cara yang mudah, yuk!

Rabu, 27 Juli 2016 15:00 Reporter : Dewi Ratna
Belajar bikin teks pengumuman dengan cara yang mudah, yuk! Ilustrasi menulis. ©Shutterstock/YURALAITS ALBERT

Merdeka.com - Sebuah hal penting biasanya harus segera diumumkan dan diketahui oleh orang banyak. Oleh karena itulah dalam Bahasa Indonesia dikenal istilah teks pengumuman. Secara bahasa, pengumuman adalah pemberitahuan tentang sesuatu yang ditujukan kepada orang banyak (publik atau umum) agar orang-orang mengetahui hal itu. Beda dengan berita di surat kabar, pengumuman dibuat dalam rangka menyampaikan suatu hal atau keperluan kepada umum.

Nah, pembuatan teks pengumuman memang nggak bisa asal-asalan. Kamu perlu tahu apa saja yang harus ada di dalamnya. Beberapa hal yang perlu kamu tulis dalam teks pengumuman adalah:

  • tertuju kepada siapa
  • maksud atau isinya apa
  • dari siapa pengumuman itu berasal
  • dasar pengumuman

Untuk membuat teks pengumuman yang baik, perhatikan beberapa poin penting ini:

  1. Buatlah pengumuman dengan bentuk atau model yang menarik, sehingga orang-orang ingin membacanya.
  2. Pakailah bahasa yang jelas dan persuasif (membujuk). Jadi, pembaca nggak akan bingung saat membaca beritamu. Bahasa persuasif akan membuat orang-orang mau mengikuti ajakan pada teks pengumuman.
  3. Pastikan isinya mudah dipahami. Jangan pakai pilihan kata yang bertele-tele, panjang lebar, tapi nggak jelas apa tujuannya. Kalau perlu, buatlah dulu pokok-pokok pengumumannya sebelum mulai menulis teks.
  4. Tuliskan target pembaca dari teks pengumuman itu. Pakailah media yang sesuai dengan sasaran. Misalnya kalau kamu ingin membuat pengumuman bagi pelajar, gunakan media majalah remaja atau anak-anak. Menggunakan tabloid resep sebagai media akan kurang tepat sasaran.

Well, itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat menulis sebuah teks pengumuman. Dengan teks pengumuman yang baik, kamu akan dapat menjangkau lebih banyak pembaca. Tertarik kan untuk mencoba membuat teks pengumuman? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini