Alfamart bangun TK di Ciranjang

Rabu, 30 November 2016 16:39 Reporter : Haris Kurniawan
Alfamart bangun TK di Ciranjang TK donasi Alfamart. ©2016 istimewa

Merdeka.com - Bangunan sekolah TK Anugerah yang terletak di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, terpilih sebagai salah satu penerima bantuan dalam program Sekolah Impian yang digagas PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi) bersama Yayasan Hati Gembira.

Peresmian Sekolah Impian warga Desa Cibiuk ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar bertempat di TK Anugerah, Rabu (30/11).

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menjelaskan, pembangunan TK yang telah berdiri sejak 2000 tersebut memakan waktu sekitar empat bulan. Bangunan yang sebelumnya usang, direkonstruksi sehingga tampak lebih kokoh dan menarik.

"Kami membangun kembali TK tersebut dengan fasilitas 2 ruang belajar, 1 ruang guru, 2 toilet, lengkap dengan arena bermain untuk siswa," terang Nur Rachman.

Menurutnya, ini merupakan sekolah ketujuh yang telah dibangun, sebelumnya berlokasi di Medan, Tangerang, Tasikmalaya, Sukabumi, Rembang, dan Malang. Kami sengaja memilih lokasi di pelosok desa, untuk mendukung upaya pemerintah dalam pemerataan kualitas pendidikan, tuturnya di sela acara.

Pemerintah Kabupaten Cianjur mengapresiasi bantuan renovasi yang dilakukan. Pasalnya peran serta berbagai pihak, termasuk swasta dapat membantu mempercepat pemenuhan fasilitas pendidikan yang memadai. Terlebih TK merupakan pendidikan dasar bagi anak-anak yang akan membentuk karakternya di masa depan.

Kepala Sekolah TK Anugerah Lukman Hakim mengatakan bantuan renovasi sudah lama dibutuhkan oleh TK, namun karena keterbatasan dana renovasi tersebut belum dilakukan.

Oleh karena itu pihaknya menyambut antusias bantuan renovasi. Program bantuan pembangunan sekolah yang dijalankan ini, lanjutnya, diharapkan dapat membantu meningkatkan minat siswa yang mendaftar pada tahun ajaran mendatang.

"Selama ini, dengan kondisi sekolah yang sempit dan fasilitas seadanya kami tidak bisa berbuat banyak. Biaya yang kami bebankan pada siswa juga sangat rendah, mengingat mayoritas orangtua murid di sini hanya berprofesi sebagai buruh lepas dan pedagang kecil," ungkapnya.

"Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat memotivasi para siswa agar semakin semangat belajar," pungkas Lukman.

Bantuan pembangunan kembali sekolah-sekolah yang sudah tidak layak ini, melibatkan partisipasi masyarakat luas di dalamnya. Perusahaan menghimpun donasi konsumen selama periode 1 hingga 31 Agustus 2015 yang telah terkumpul sebanyak Rp 2,82 miliar dan diperuntukkan bagi perbaikan fasilitas pendidikan, khususnya PAUD dan TK di pelosok desa.

Sebelumnya, perusahaan bersama Yayasan Hati Gembira juga telah menjalankan program serupa di 4 kota, diantaranya Serang, Kabupaten Bandung, Manado, dan Kabupaten Lebak.


Komitmen Alfamart untuk berkontribusi membantu masyarakat luas dijalankan melalui berbagai aksi kemanusiaan. Di bidang pendidikan, perusahaan telah menyalurkan berbagai bantuan fasilitas pendidikan ke pelosok tanah air.

Diantaranya, bantuan rekonstruksi bangunan sekolah, 40.000 sepatu sekolah, 78.000 kacamata minus gratis, serta 20.000 paket perlengkapan sekolah berisi alat tulis, tas, dan seragam sekolah, bagi pelajar yang membutuhkan. Salah satu penerima bantuan rekonstruksi sekolah ialah TK Anugerah yang terletak di Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur.

Di wilayah Kabupaten Cianjur sendiri, selain melakukan rekonstruksi sekolah, Alfamart juga menyalurkan bantuan paket perlengkapan sekolah di Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang sebanyak 100 paket.

"Kami mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam program-program sosial Alfamart. Dengan harapan akan lebih banyak keluarga prasejahtera yang dapat terbantu," ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Alfamart
  2. Cianjur
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini