Lulus Tes 1.000 Jam, Mobil Isuzu Siap Konsumsi Biodiesel B20

Selasa, 27 November 2018 17:12 Reporter : Syakur Usman
Lulus Tes 1.000 Jam, Mobil Isuzu Siap Konsumsi Biodiesel B20 Isuzu Panther. ©2014 Otosia.com

Merdeka.com - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), agen tunggal pemegang merek kendaraan Isuzu di Indonesia, menyatakan siap mendukung rencana pemerintah terkait penggunaan bakar minyak Biodiesel B20 (biodiesel 20 persen).

Ernando Demily, Presiden Direktur IAMI, menyampaikan, kesiapan Isuzu dalam peraturan ini lantaran produknya telah mengusung mesin berteknologi common rail.

"Menggunakan B20 dalam menyongsong implementasi standar emisi Euro-4 pada 2021, ujar Demily dalam acara diskusi yang digelar Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) di Jakarta, Selasa (27/11), seperti dikutip dari Liputan6.com.

Menurutnya, dalam mengonsumsi B20, kendaraan Isuzu tak perlu melakukan modifikasi atau penambahan alat apa pun. Selain itu, mesin Isuzu sudah diuji selama 1.000 jam dengan hasil sangat memuaskan.

Dan tidak ada masalah ketika pengujian tersebut berlangsung, katanya.

Seperti diketahui, munculnya keharusan penggunaan biodiesel akibat pada 23 Agustus 2018, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menandatangani Peraturan Menteri ESDM No 41 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel Dalam Rangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Perkebunan Sawit.

Dalam peraturan ini disebutkan bahwa badan usaha BBM wajib melakukan pencampuran Bahan Bakar Nabati (BBN) jenis biodiesel dengan BBM jenis minyak solar, sesuai dengan penahapan kewajiban minimal pemanfaatan BBN jenis Biodiesel, yang ditetapkan oleh Menteri.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Herdi Muhardi [sya]

Topik berita Terkait:
  1. Isuzu
  2. Biodiesel
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini