Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Lakukan ini jika mobil terbakar saat berkendara!

Lakukan ini jika mobil terbakar saat berkendara! Mobil terbakar di Bintaro. ©2014 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Tidak ada yang menginginkan kecelakaan saat berkendara di jalan, termasuk kebakaran mobil. Ya, salah satu kecelakaan yang paling ditakutkan adalah terbakarnya kendaraan yang dapat membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain.

Mobil yang terbakar banyak sekali faktornya. Menurut lansiran Toyota Astra (30/1), hal tersebut dapat disebabkan oleh bagian mobil yang panas, terkena percikan api dari puntung rokok ataupun ketidaksesuaian modifikasi pada mobil.

Lalu apa yang harus dilakukakan apabila terjadi kebakaran? Adapun berikut ini adalah beberapa tindakan yang harus diambil ketika terjadi kebakaran saat berkendara.

Langkah pertama yaitu menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain yang terbakar untuk menghindarkan energi panasnya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mematikan mesin sebelum meninggalakan kendaraan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya ledakan karena mobil dalam keadaan panas. Selain itu, langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari potensi api menyebar atau meledak dari tangki bahan bakar.

Apabila kendaraan Anda mengeluarkan sejenis asap atau percikan api, maka segeralah keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri. Setelah Anda berada di tempat yang aman, segera minta bantuan pemadam kebakaran serta tenaga medis jika anda atau penumpang lainnya terluka.

Hal terpenting dalam menghadapi kebakaran pada kendaraan yaitu mencari tempat yang aman. Sebaiknya anda tidak mendekati kendaraan yang terbakar.

Hindarilah mendekati kendaraan dengan kondisi api cukup besar atau kecil. Terlebih jika Anda ingin memadamkan api atau mengambil barang bawaan di dalam kendaraan.

Demikianlah beberapa langkah yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran pada kendaraan. Sebagai langkah awal, jika anda melihat asap setelah kecelakaan atau bau terbakar, jangan panik, bertindaklah cepat dan ambil tindakan yang sama seperti di atas.

(mdk/ega)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kecelakaan di Puncak Libatkan 5 Mobil
Kecelakaan di Puncak Libatkan 5 Mobil

Terekam akibat kecelakaan tersebut sejumlah kendaraan nampak ringsek dan berada di sisi-sisi jalan.

Baca Selengkapnya
Cara Pilih Tempat Duduk Paling Aman di Kereta Api Menurut Kajian Ilmiah
Cara Pilih Tempat Duduk Paling Aman di Kereta Api Menurut Kajian Ilmiah

Ternyata, menurut ilmiah ada posisi tempat duduk yang paling aman untuk meminimalisir dampak buruk saat kecelakaan kereta terjadi.

Baca Selengkapnya
Pakar Keselamatan: Jangan Ubah Kondisi Dalam Mobil Dengan Gelar Kasur saat Mudik
Pakar Keselamatan: Jangan Ubah Kondisi Dalam Mobil Dengan Gelar Kasur saat Mudik

Jangankan gelar kasur dan tiduran, duduk tidak pakai safetybelt saja bahaya banget

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya
Cara Mengisi Air Wiper Mobil, Ini Dia Langkah-langkahnya

Air wiper merupakan bagian penting yang berperan dalam membersihkan kaca mobil ketika hujan. Oleh sebab harus tetap tersedia. Simak cara mengisi air wiper mobil

Baca Selengkapnya