Kata Prinsipal Datsun di Indonesia Soal Pabrik Purwakarta Stop Produksi

Selasa, 26 November 2019 17:36 Reporter : Syakur Usman
Kata Prinsipal Datsun di Indonesia Soal Pabrik Purwakarta Stop Produksi Peluncuran Mobil Datsun Go. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Dilaporkan menghentikan produksi pabrik Datsun di Indonesia mulai tahun depan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai prinsipal Datsun di Indonesia akhirnya buka suara.

Berikut ini pernyataan NMI soal kabar yang diembuskan Kementerian Perindustrian tersebut pada Merdeka.com, hari ini (26/11).

"Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen pada pasar dan pelanggan di Indonesia. Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi. sebagai bagian dari rencana ini, kami melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan kami di masa depan," demikian bunyi tanggapan Nissan Indonesia.

Sebelumnya,Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, menjelaskanprinsipal Datsun menghentikan produksi mobil Datsun GO dan GO+ di Indonesia. Selain Indonesia, basis produksi global Datsun ada di India dan Rusia, sejak merek Datsun memutuskan reborn pada 2014.

"Mulai Januari 2020, Datsun stop produksi Datsun GO dan GO+ di Indonesia, karena volume penjualannya saat ini tidak mencapai skala ekonominya, akibat persaingan ketat di segmen mobil kecil. Akibatnya mereka tidak berhasil mencapai tahap break even point (BEP) dan memilih ganti strategi," kata Putusaat menghadiri peresmian fasilitas quick charging mobil listrik Mitsubishi di Plaza Senayan, Selasa (26/11).

Menurutnya, setelah pabrik Datsun Indonesia stop produksi mobil Datsun, maka fasilitas ini akan digunakan untuk produksi komponen mesin mobil Nissan Livina termasuk kembarannya, Mitsubishi Xpander. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini