Harga New Avanza-Xenia Tidak Naik, Meniru Kesuksesan All New Rush-Terios

Selasa, 15 Januari 2019 18:57 Reporter : Syakur Usman
Harga New Avanza-Xenia Tidak Naik, Meniru Kesuksesan All New Rush-Terios peluncuran new xenia 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Toyota dan Daihatsu Indonesia memberikan kejutan baru di pasar otomotif nasional. Mobil sejuta umatnya, Avanza-Xenia, mempunyai model baru meski hanya facelift. Bahkan New Xenia mempunyai varian mesin baru; 1.500 cc.

Yang menariknya, harga jual mobil low MPV kembar ini tidak naik alias tetap seperti model lawasnya.

Misalnya, New Avanza varian terendah, 1.3 E STD M/T, tetap dibanderol Rp 188,6 juta (on the road Jakarta). Sedangkan varian tertinggi, Veloz 1.5 AT, Rp 239,45 juta.

New Xenia tetap dijual mulai Rp 183,35 juta untuk varian X MT 1.3 STD. Sedangkan yang termahal adalah varian baru bermesin 1.500 cc, R AT DLX, yang dijual Rp 228,9 juta.

peluncuran toyota avanza dan veloz 2019 2019 Merdeka.com

Apa alasan harga mobil paling laris di republik ini tidak naik?

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Dahatsu Motor, menjelaskan alasan strategi harga New Xenia ini. ADM adalah pabrikan yang memproduksi mobil Avanza dan Xenia di fasilitas pabrik Karawang, Jawa Barat.

"Strategi ini mengikuti strategi harga di All New Rush-Terios pada November tahun lalu. Akibat harga jual tetap, penjualan All New Terios naik. Selain sebagai apresiasi terhadap konsumen loyal Xenia yang setia selama 15 tahun," ujar Amelia saat dijumpai di sela peluncuran Grand New Xenia di Astra Biz Center, BSD City, Selasa (15/1).

Namun, Amelia mengakui secara biaya produksi (cost) model baru mobil low MPV ini mengalami kenaikan. Apalagi emisinya sudah standar Euro-4, serta ada ubahan desain di sisi eksterior dan interior. Namun, sisi biaya ini 'dikalahkan' strategi marketing baru ini.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Divison Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, menambahkan, karena kompetisi di segmen low MPV ini semakin ketat. Perlu diketahui, sejak tahun lalu segmen low MPV kedatangan pemain baru seperti Wuling Confero, Mitsubishi Xpander, dan sebagainya.

Selain itu, saat kami meluncurkan All New Terios, harga jualnya tidak naik. Sehingga, jika model facelift Xenia mengalami kenaikan harga, ini tentu menjadi pertanyaan besar konsumen.

"Prinsipnya, kami menilai pasar low MPV tahun ini semakin ketat. Pemainnya juga semakin banyak. Jadi harga tetap ini merupakan apresiasi kepada kustomer loyal Xenia," ucapnya.

Pada November 2017, All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios diluncurkan setelah bertahan selama 11 tahun generasi pertamanya.

Saat itu, Toyota-Astra Motor memutuskan tidak menaikkan harga jual All New Rush. Bahkan untuk varian 1.5 TRD Sportivo A/T, harga jualnya lebih rendah Rp 3 juta dibandingkan model sebelumnya. All New Terios justru mengalami penurunan harga di lima dari tujuh varian. Dua varian lagi harganya tidak naik; All New Terios 1.5 X MT dan Terios 1.5 R MT. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini