4 Hal yang bikin cat mobil cepat pudar

Kamis, 21 Januari 2016 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto
4 Hal yang bikin cat mobil cepat pudar 10 Mitos terkait mencuci mobil. Jalopnik.com

Merdeka.com - Selain memilih model, warna menjadi opsi berikutnya yang dipertimbangkan orang saat akan membeli mobil. baik warna yang cerah, maupun warna netral.

Apapun warnanya, tentu tidak akan menarik jika cat sudah pudar. Ada beberapa hal yang membuat cat mobil menjadi pudar secara prematur.

Pertama adalah air. Kebanyakan orang menggunakan air untuk membersihkan bodi kendaraan yang kotor. Ya, benar. Tapi yang perlu Anda ingat adalah segeralah mengelap air dari bodi mobil hingga bersih. jangan sampai meninggalkan permukaan yang masih basah. Sebab apabila air sampai mengering dengan sendirinya, maka akan membuat cat menjadi pudar.

Kedua adalah debu. Debu yang menempel pada bodi memang seharusnya dibersihkan agar kendaraan tak terlihat kotor. Akan tetapi membersihkan debu dengan cara yang salah justru akan menimbulkan baret pada bodi. Untuk itu, perhatikan dengan benar cara untuk menyingkirkan debu.

Sebaiknya Anda menyiram mobil terlebih dahulu dengan air yang menyemprot dengan tekanan yang tinggi. Sehingga membantu debu membandel hilang. Baru kemudian dilap hingga bersih.

Penyebab ketiga adalah getah pohon. Ini berlaku bagi mereka yang kerap memarkir kendaraan di bawah pohon agar tak terkena sinar matahari langsung. Ya, cara ini memang benar, tapi Anda harus memerhatikan getah pohon yang jatuh mengenai mobil.

Anda harus tahu bahwa getah pada pohon memiliki sifat yang lengket dan sulit dibersihkan. Terlebih lagi apabila sudah mengering. Dalam jangka waktu yang lama, getah akan bereaksi dengan cat mobil dan akan sangat sulit dibersihkan. Bahkan jika sudah dipoles sekalipun. Jangan coba-coba, ya.

Terakhir, kotoran hewan. Jika kebetulan mobil Anda terkena kotoran hewan seperti burung atau serangga, sebaiknya jangan sampai menunggu besok untuk dibersihkan. Langsung saja bersihkan dengan air atau cairan pembersih mobil. Pasalnya kotoran hewan memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat bereaksi pada cat dan membuatnya pudar. Awalnya akan berupa bercak, namun kemudian jadi sulit dihilangkan.

Itulah 4 hal yang bisa dengan cepat bikin cat mobil Anda pudar. Semoga bermanfaat! [ega]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini