Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Lebron James, 3 Ikon Basket 3 Dekade

Senin, 27 Januari 2020 13:47 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Lebron James, 3 Ikon Basket 3 Dekade Michael Jordan, Kobe Bryant. Lebron James. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi para penggemar basket yang mulai menggemari olahraga ini sejak tahun 90-an, terdapat tiga nama pemain yang bakal muncul pertama kali di ingatan. Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Lebron James merupakan tiga pemain yang barangkali paling sering dibandingkan di antara pemain terbaik NBA sepanjang masa.

Kobe Bryant dan Michael Jordan merupakan pemain yang berposisi sebagai shooting guard sedangkan Lebron James tergolong merupakan small forward. Walau memiliki posisi yang berbeda, ketiga pemain ini mermiliki kesamaan berupa kemampuan mencetak angka luar biasa yang bisa menjadi penentu kemenangan bagi timnya.

Ketiga pemain ini bisa dibilang menjadi penguasa bagi dekade yang berbeda. Michael Jordan ikon basket di era 90-an, Kobe Bryant menjadi ikon di era 2000-an, sedangkan Lebron James menjadi ikon di era 2010-an. Kobe Bryant merupakan satu-satunya yang pernah bermain menghadapi dua pemain lainnya.

Ketiganya juga sama-sama pernah meraih sejumlah perghargaan individu maupun menjadi juara NBA. Ketiganya pernah meraih gelar MVP dan Finals MVP pada periode yang berbeda.

Untuk mengetahui seberapa penting dan hebatnya permainan ketiga pemain ini, tentu kita bisa melihatnya langsung melalui berabagai video di YouTube. Namun dari data statistik, bisa terlihat juga kehandalan dari tiga pemain ini.

1 dari 3 halaman

Michael Jordan

Bagi mereka yang besar di era 90-an, barangkali tidak ada nama pemain basket yang lebih besar dari Michael Jordan. Pemain yang identik dengan Chicago Bulls ini merupakan salah satu pemain legendaris yang tidak diragukan lagi keandalannya.

Data statistik dari pemain yang akrab disapa MJ ini juga cukup luar biasa. Terutama menginggat dekade 90-an sangat identik dengan pertahanan tim yang sangat ketat pada masa itu. Berikut statistik dari MJ:

Per Game: 30.1 points, 6.2 rebounds, 5.3 assists, 2.3 steals, 0.8 blocks
Per 75 Possessions: 30.3 points, 6.3 rebounds, 5.3 assists, 2.4 steals, 0.8 blocks

2 dari 3 halaman

Kobe Bryant

Kobe Bryant merupakan salah satu shooting guard dengan permainan paling menarik ketika ditonton. Walau begitu, secara statistik dan pengaruh di tim dia juga tak kalah pentingnya karena telah diganjar berbagai penghargaan individu dan juara tim.

Pemain berjulukan Black Mamba ini juga memiliki rentang karir yang cukup panjang yaitu 20 tahun. Kobe tercatat pernah menjadi juara NBA sebanyak lima kali dan menjadi finals MVP sebanyak dua kali serta MVP 2008. Selain itu, dia memperoleh penghargaan All NBA sebanyak 15 kali, All Defense 12 kali, serta dua kali menjadi pencetak angka terbanyak dalam satu musim

Per Game: 25.0 points, 5.2 rebounds, 4.7 assists, 1.4 threes, 1.4 steals
Per 75 Possessions: 26.8 points, 5.6 rebounds, 5.0 assists, 1.5 threes, 1.6 steals

3 dari 3 halaman

Lebron James

Pemain lain yang kerap disandingkan namanya dan termasuk legenda adalah Lebron James. Pemain yang kini berseragam Los Angeles Lakers ini juga termasuk salah satu pemain basket terbaik saat ini.

Walau memiliki posisi berbeda dengan kedua pemain sebelumnya, namun Lebron tetap kerap dibandingkan karena sama-sama merupakan ikon pencetak angka di NBA pada saat ini. Penghargaan baik secara individu maupun juara secara tim juga pernah dicicipi oleh Lebron. Selain itu, pemain ini masih terus berkarir hingga saat ini sehingga memiliki kemungkinan untuk kita tetap menyaksikan kehebatannya.

Per Game: 27.2 points, 7.4 rebounds, 7.2 assists, 1.6 steals, 1.4 threes, 0.8 blocks
Per 75 Possessions: 27.5 points, 7.5 rebounds, 7.3 assists, 1.6 steals, 1.5 threes, 0.8 blocks [RWP]

Baca juga:
Ini Inspirasi di Balik Nama Unik Kobe Bryant
Kobe Bryant, Atlet Basket yang juga Berhasil Meraih Piala Oscar
Kobe Bryant Tak Mau Dikenang Sebagai Pebasket Andal Tapi Investor Cemerlang
Kobe Bryant Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Helikopter

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini