4 Inspirasi Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Selasa, 20 September 2022 14:30 Reporter : Wuri
4 Inspirasi Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga 4 Inspirasi Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga. ©Shutterstock

Merdeka.com - Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan di sela-sela waktu kosong. Selain berguna sebagai aktivitas meningkatkan kesehatan tubuh, kegiatan olah badan juga bisa dijadikan sebagai ajang bersenang-senang bareng keluarga. Karena varianya yang beraneka macam, aktivitas ini tak akan membuat para pegiat merasa bosan dengan hal-hal yang monoton.

Berolahraga bersama keluarga juga bisa membantumu mendapatkan experience yang berbeda. Adanya kehadiran orang terdekat tentu dapat membuat suasana yang awalnya biasa-bisa saja saat jadi lebih heboh dan memanas. Sehingga, jadi lebih termotivasi untuk terus mengupayakan kehidupan yang sehat. Beberapa olahraga seru berikut ini bisa dijadikan inspirasi sebagai aktivitas bermanfaat yang bisa diikuti. Apa saja itu? Yuk, disimak dulu.


1. Yoga

4 inspirasi olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga

©Shutterstock

Pilihan pertama yang bisa diikuti sebagai inspirasi olahraga yaitu Yoga. Olahraga ini sudah tak diragukan lagi kepopulerannya. Bahkan dari masyarakat biasa hingga deretan selebritis papan atas sering menjadikan workout satu ini sebagai favorit. Berbagai content creator terkadang menjadikan latihan ini sebagai ide konten untuk mengisi kanal hiburan yang dimiliki.

Dengan memusatkan tubuh dan pikiran pada kelenturan, kekuatan, dan pernafasan, Yoga mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik para penggunanya. Selain itu, bagi yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, maka olahraga ini sangatlah bisa dijadikan rekomendasi.

2. Body Combat

4 inspirasi olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga
©Shutterstock

Olahraga yang satu ini juga tak kalah serunya. Kombinasi gerakan-gerakan simpel seperti kicking dan punching, membuat olahraga ini mudah untuk dilakukan oleh berbagai kalangan. Terlebih, olahraga ini juga bisa dijadikan sebagai alat pertahanan diri dikala situasi mengancam terjadi. Alhasil, Body Combat jadi salah satu sport yang naik daun dan memiliki penggemar tersendiri.

Olahraga Body Combat akan jadi lebih menyenangkan bila diiringi dengan musik yang energik dan penuh semangat. Sehingga tubuh semakin terpacu untuk bergerak dan proses pengeluaran keringat jadi semakin cepat dan membuat tubuh jadi lebih sehat. Upaya hidup sehat bareng keluarga pun bisa terlaksana dengan baik melalui latihan seru ini.

3. Pound Fit

4 inspirasi olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga
©Shutterstock

Olahraga yang satu ini cukup unik karena menggabungkan pilates, kardio, gerakan plyometric dan isometric dengan meniru gerakan pemain drum secara terus-menerus. Pound Fit ini bisa sekali jadi ide olahraga bagi yang ingin menyehatkan tubuh sekaligus having fun bareng kerabat dekat karena semuanya dilakukan dengan musik yang keras dan menggebu-gebu.

Tak hanya seru, workout satu ini juga memberikan segudang manfaat seperti menghilangkan stress, mengurangi berat badan, meningkatkan daya ingat, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, melakukan kegiatan ini juga jangan berlebihan ya. Cukup lakukan aktivitas ini selama 30 menit sehari untuk hasil yang maksimal.

4. LIIT (Low Intensity Interval Training)

4 inspirasi olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga
©Shutterstock

Jenis exercise terakhir yang bisa dijadikan ide untuk menggerakan tubuh ialah LIIT. Olah tubuh yang satu ini merupakan interval training yang dilakukan dengan kecepatan tetap untuk durasi yang lebih lama sehingga sangat cocok bagi yang baru mulai melakukan rutinitas olahraga.

Apa saja sih aktivitas yang bisa dikategorikan sebagai latihan LIIT? Tentunya banyak sekali, mulai dari bersepeda, jogging, latihan beban, dan gym rumahan. Plusnya lagi, bentuk aktivitas fisik ini mampu meningkatkan mobilitas, kekuatan, serta daya tahan bagi para pejuang hidup sehat. Hasilnya, hidup selangkah jadi sehat dengan ikuti olahraga bergaya ini.

Sering kali minum air putih biasa dijadikan solusi untuk menghilangkan rasa haus setelah berolahraga. Padahal, hal ini tidak disarankan karena air putih sendiri tidak dapat diserap dengan sempurna dan malah membuat tubuh menjadi lebih dehidrasi. Rasa haus yang dirasakan itu awalnya merupakan hasil dari hilangnya ion dalam tubuh. Oleh karenanya, menggantikan ion yang hilang dengan meminum cairan isotonik menjadi sangat penting setelah berolahraga.

Selain untuk menghindari terjadinya dehidrasi, mengkonsumsi minuman isotonik yang mengandung ion juga bisa membantu menjaga kelembaban tubuh dan kulit juga, lho. Jika saja ion tubuh tidak segera dipulihkan, maka selain terjadinya dehidrasi, kadar gula dan garam dalam tubuh jadi lebih tidak seimbang. Ujung-ujungnya, malah menimbulkan berbagai resiko penyakit seperti kejang, gangguan ginjal, bahkan kerusakan otak. Makanya, selalu usahakan memulihkan cairan tubuh yang hilang dengan minum cairan isotonik, ya! Yuk, biasakan minum larutan isotonik setelah berolahraga. Agar tubuh jadi lebih sehat dan berenergi.

Penulis: Gloria Trivena May Ary





[wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini