Selalu Menginspirasi, 5 Perempuan Hebat Ini Layak Jadi Kartini Masa Kini

Rabu, 21 April 2021 10:45 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani
Selalu Menginspirasi, 5 Perempuan Hebat Ini Layak Jadi Kartini Masa Kini kartini masa kini. ©2021 Merdeka.com/instagram.com

Merdeka.com - Tanggal 21 April memang diperingati sebagai hari Kartini. Bicara soal Kartini, ia merupakan salah satu pahlawan nasional wanita yang hebat dan menjadi salah satu wanita berpengaruh pada masanya.

Wanita kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara. Ia juga dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita yang semakin naik daun di era modern ini.

Di era modern ini, semakin banyak bermunculan sosok wanita hebat, mandiri, dan menginspirasi seperti RA. Kartini. Wanita-wanita ini pun berasal dari berbagai kalangan salah satunya selebritis hingga publik figur.

Mereka hebat dan menginspirasi dalam bidangnya masing-masing. Berikut sederet wanita hebat inspiratif yang layak jadi Kartini masa kini.

2 dari 6 halaman

Najwa Shihab

kartini masa kini
©2021 Merdeka.com/instagram.com

Pertama adalah sosok Najwa Shihab. Nama ini tentu tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai jurnalis perempuan yang tak diragukan lagi dalam hal berpikir kritis serta keberaniannya mengungkap kebenaran. Sosoknya yang cerdas dan berwibawa ini juga sukses menginspirasi para puan di luar sana.

3 dari 6 halaman

Susi Pudjiastuti

kartini masa kini©2021 Merdeka.com/instagram.com

Selanjutnya ada Susi Pudjiastuti yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019. Ia juga dikenal sebagai orang yang berjasa dalam kelautan Indonesia. Perempuan yang satu ini selalu menjadi sorotan publik karena sikapnya yang tegas dalam mengambil keputusan. Kata ‘tenggelamkan’ pun selalu keluar dari mulutnya setiap ada kapal asing yang memasuki wilayah Indonesia.

4 dari 6 halaman

Butet Manurung

kartini masa kini©2021 Merdeka.com/instagram.com

Ada juga sosok Butet Manurung. Perempuan hebat satu ini bahkan rela hijrah ke pedalaman demi mendirikan Sokola Rimba. Sokola Rimba merupakan tempat untuk mengajarkan baca-tulis anak-anak suku Anak Dalam di kawasan Konservasi Taman Nasional Bukit Duabelas atau TNBD Jambi, Sumatera Selatan. Sosoknya memang dikenal inspiratif dan sangat peduli akan pendidikan.

5 dari 6 halaman

Dian Sastrowardoyo

kartini masa kini©2021 Merdeka.com/instagram.com

Dari industri hiburan, ada sosok Dian Sastrowardoyo. Tak hanya menginspirasi karena kepiawaiannya berakting, namun sosok aktris cantik yang satu ini juga aktif dalam kegiatan sosial. Di tengah kesibukannya sebagai selebritis, ia membuktikan kalau perempuan juga bisa melakukan banyak hal secara bersamaan.

6 dari 6 halaman

Anne Avantie

kartini masa kini©2021 Merdeka.com/instagram.com

Terakhir adalah sosok desainer legendaris Anne Avantie. Lewat karyanya dengan merancang sederet kebaya, menjadi bukti jika Anne Avantie juga berjuang melestarikan salah satu ciri khas dan budaya Indonesia. Tak bisa lagi dihitung dengan jari, Anne Avantie telah melahirkan banyak karya yang pastinya sangat luar biasa dan dikenal hingga dunia internasional.

[asr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini