Potret Kehidupan Istri Pejuang Kemerdekaan di Kediri, Beternak hingga Bercocok Tanam

Kamis, 18 Agustus 2022 14:26 Reporter : Rizka Nur Laily M
Potret Kehidupan Istri Pejuang Kemerdekaan di Kediri, Beternak hingga Bercocok Tanam Janda pejuang kemerdekaan di Kota Kediri. ©2022 Merdeka.com/YouTube Andika TV Official

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri Jawa Timur memberikan bantuan untuk janda perintis kemerdekaan Indonesia. Bantuan tersebut ialah bentuk perhatian Pemkot Kediri terhadap jasa suami yang turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

"Setiap tanggal 17 Agustus kami selalu mengingat ada jasa para pahlawan yang diberikan kepada kita. Seperti hari ini kita kunjungi Bu Suprihatin,” tutur Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Rabu (17/8/2022).

Suprihatin (87) adalah salah satu janda pejuang kemerdekaan yang masih hidup di Kota Kediri. Selain Suprihatin, sebenarnya ada dua orang lagi, namun mereka hidup di luar Kota Kediri.
Wali Kota Kediri mengunjungi kediaman Suprihatin di RT 15 RW 05 Kelurahan Tosaren, Kota Kediri.

2 dari 3 halaman

Suami Pejuang Kemerdekaan

Wali Kota Kediri itu mengungkapkan banyak teladan dari pejuang kemerdekaan yang bisa dilakukan generasi masa kini. Saat berkunjung ke rumah Suprihatin, Wali Kota Kediri mendapatkan cerita bagaimana para pejuang berupaya meraih kemerdekaan.

Suparno, suami Suprihatin, adalah salah satu pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam organisasi Pembela Tanah Air (PETA). Lelaki yang diperkirakan lahir tahun 1924 itu meninggal dunia pada tahun 2000 lalu akibat sakit ia derita. 

"Pemerintah harus memberikan perhatian atas jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita. Harapannya kita bisa sambung rasa terus dan saya juga sudah janji akan datang ke sini (rumah Suprihatin) lagi," tutur Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri. 

Dia menambahkan, sebagai pemimpin Kota Kediri ia bertugas melanjutkan perjuangan dari para pahlawan. Salah satunya dengan menjadikan Kota Kediri lebih baik dalam segala bidang, termasuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Kami menyampaikan terima kasih atas perjuangan Pak Suparno. Tugas kita semua di sini melanjutkan. Mohon didoakan agar Kota Kediri lebih baik ke depannya," imbuh dia, dikutip dari Antara.

3 dari 3 halaman

Kehidupan Keseharian

001 pandasurya wijaya
©istock

Kedatangan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar disambut hangat oleh Suprihatin. Ia tak menyangka mendapat kunjungan dari Wali Kota Kediri pada HUT Ke-77 RI. 

Sehari-hari, Suprihatin mengisi waktu dengan melakukan pekerjaan rumah, beternak dan bertanam. Ia dan mendiang sang suami memiliki 11 anak, namun dua di antaranya meninggal dunia. Dari sembilan anaknya yang hidup, Suprihatin kini memiliki 27 cucu dan 36 cicit.

"Terima kasih atas kunjungannya. Semoga Kota Kediri semakin maju. Nanti kalau Pak Wali Kota ke sini lagi saya masak sayur pepaya," tuturnya.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini