Pemkot Kediri Siapkan Minyak Goreng Murah bagi Masyarakat, Begini Cara Mendapatkannya

Kamis, 28 April 2022 11:31 Reporter : Rizka Nur Laily M
Pemkot Kediri Siapkan Minyak Goreng Murah bagi Masyarakat, Begini Cara Mendapatkannya Ilustrasi minyak goreng. Shutterstock/Aleksandrs Samuilovs

Merdeka.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Jawa Timur, mengalokasikan minyak goreng curah murah untuk masyarakat di kota setempat. Khusus para pedagang, jika ingin membeli minyak goreng curah bersubsidi maka diwajibkan mempunyai aplikasi Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (Simirah).

"Kami menggunakan aplikasi digital Simirah yang dapat melacak aliran minyak goreng curah sejak kami distribusikan sampai ke tangan pembeli," ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Tanto Wijohari di Kediri, Rabu (27/4).

Penggunaan aplikasi Simirah merupakan langkah menghadapi kenaikan permintaan jelang Lebaran. Para pedagang wajib memiliki aplikasi tersebut jika ingin mendapatkan jatah minyak goreng curah dan bersubsidi.

2 dari 4 halaman

Distribusikan Minyak Goreng Curah

minyak goreng curah

©2012 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri kembali mendistribusikan minyak goreng curah untuk pedagang di pasar tradisional wilayah Kota Kediri. Ini sudah kali ketiga Pemkot Kediri mendistribusikan minyak goreng curah, setelah sebelumnya dilakukan pada 9 Maret dan 22 April 2022.

Kegiatan ini dilakukan atas kerja sama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Cabang Madiun selaku distributor minyak goreng curah.

"Sasaran droping minyak curah subsidi ini adalah para pedagang yang sehari-hari menjual minyak goreng curah di Pasar Pahing dan Pasar Bandar," terang Tanto, dikutip dari Antara.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Goreng

Berdasarkan Permendag Nomor 11 Tahun 2022 tentang penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah sebagai berikut. HET minyak goreng curah untuk masyarakat yakni Rp15.500 per kilogram. Sedangkan HET untuk pedagang yakni Rp14.390 per kilogram. 

Dalam sistem distribusi minyak goreng pada Kamis (28/4), terdapat sepuluh kelompok. Masing-masih kelompok mendapatkan alokasi 600 kilogram minyak goreng curah.

"Nanti koordinator kelompok bisa membagi ke anggota kelompoknya, pedagang minyak goreng curah di Pasar Pahing dan Pasar Bandar," tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri.

Sementara itu, menjelang Hari Raya Idulfitri 2022, pihaknya memastikan ketersediaan pasokan minyak goreng curah di Kota Kediri cukup dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

4 dari 4 halaman

Percepatan Distribusi

minyak goreng curah
©2012 Merdeka.com/Dwi Narwoko

"Pemkot Kediri sudah melakukan percepatan distribusi minyak goreng curah ke beberapa pasar tradisional sebanyak 6.000 kilogram. Kami pastikan masyarakat Kota Kediri tidak kekurangan minyak goreng lagi," ujarnya.

Yatimah, salah satu pedagang minyak goreng curah di Pasar Pahing Kota Kediri, mengungkapkan bahwa permintaan minyak goreng masih tinggi. Ia bersyukur bisa antre untuk mendapatkan minyak goreng bersubsidi. 

"Saya berharap semoga minyak tidak langka lagi, tidak mahal lagi, supaya masyarakat tenang," harap Yatimah. [rka]

Baca juga:
Menperin: Distribusi Minyak Goreng Curah Subsidi Sudah Penuhi Kebutuhan Nasional
Pemerintah Percepat Pembiayaan ke Produsen Minyak Goreng Curah
Larangan Ekspor CPO Berlaku Hingga Harga Minyak Goreng Capai Rp14.000
Pemerintah Gagal Stabilkan Harga Minyak Goreng karena Pengusaha Membangkang
Ribuan Warga Riau Dapat 12 Ton Minyak Goreng dan Gula Murah
Survei: Kepuasan Publik ke Jokowi Turun jadi 59,9%, Efek Minyak Goreng Luar Biasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini