Manfaat Tidur Siang Menurut Islam, Ketahui Batas Waktunya

Selasa, 22 November 2022 15:08 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat Tidur Siang Menurut Islam, Ketahui Batas Waktunya ilustrasi tidur. ©pexels-Ketut Subiyanto

Merdeka.com - Tidur adalah aktivitas yang dibutuhkan otak untuk menunjang proses fisiologis. Tak heran jika dalam siklus alami manusia, dibutuhkan waktu tidur ideal selama 8 jam di malam hari untuk mengisi kembali daya atau energi tubuh. Namun, bagaimana dengan tidur siang?

Dalam Islam, tidur siang disebut dengan qailulah. Imam al-Khalal mengartikan qailulah sebagai waktu pertengahan siang. Tidur siang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh para sahabat Nabi. Anas bin Malik berkata; “Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan salat jum’at, kemudian istirahat siang (qailulah).”

Tidur siang juga disebutkan dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman; “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (Q.S:Ar-Ruum :23).

Lantas, apa saja manfaat tidur siang menurut Islam? Berikut selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Waktu Tidur Siang yang Tepat Menurut Islam

Pada hakikatnya, tidur adalah sarana untuk mengistirahatkan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang telah digunakan saat beraktivitas, sehingga sangat diperlukan bagi Anda untuk memperhatikan pola tidur yang sehat. Tidur dikatakan sebagai tidur yang sehat jika memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, waktu tidur yang tepat dapat membawa keberkahan tersendiri. Salah satunya adalah tidur siang di waktu yang tepat menurut Islam. Mengutip NU Online, waktu qailulah memiliki beberapa penafsiran yang berbeda. 

Adayang menafsirkannya sebagai tidur sebelum waktu zuhur (tergelincirnya matahari), namun ada pula yang menafsirkannya sebagai tidur setelah masuk waktu zuhur. Yang jelas, fungsi utama tidur siang ini adalah sebagai persiapan agar dapat melaksanakan qiyam al-lail dengan salat dan berdzikir di malam hari.

Seperti yang dijelaskan oleh Imam al-Ghazali;

القيلولة وهي سنة يستعان بها على قيام الليل كما أن التسحر سنة يستعان به على صيام النهار

Artinya: Tidur siang (qailulah) adalah sunnah yang dapat membantu seseorang untuk melaksanakan qiyam al-lail, seperti halnya sahur hukumnya sunnah yang berfungsi untuk membantu seseorang dalam melaksanakan puasa di siang hari (Al-Ghazali, Ihya’ ulum ad-Din, juz 1, hal. 338).

Dalam hadist ini, Imam al-Ghazali menganjurkan agar seseorang tetap memperhatikan istirahat dan tidur siang secukupnya meskipun aktivitas dan pekerjaannya sedang padat. Tidur siang nantinya akan membantu lebih bersemangat ibadah di malam hari (qiyamullail). Sebab pola demikianlah yang dipandang ideal dan sesuai dengan ajaran Islam.

Hal ini seperti ditegaskan dalam Al-Qur’an:

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِباساً وَجَعَلْنَا النَّهارَ مَعاشاً

Artinya: Dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian (waktu tidur), dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan (QS An-Naba’, Ayat: 10-11).

Demikian juga dari kitab Al-Adab Al-Mufrad 1874 menyebutkan:

عن عمر قال رُبَّمَا قَعَدَ عَلَى بَابِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رِجَالٌ مِنْ قُرَيْشٍ، فَإِذَا فَاءَ الْفَيْءُ قَالَ: قُوْمُوا فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لِلشَّيْطَانِ. ثُمَّ لاَ يَمُرُّ عَلَى أَحَدٍ إِلاَّ أَقَامَهُ

Artinya: Dari Umar, pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Menjelang tengah hari, Ibnu Mas’ud mengatakan, ‘Bangkitlah kalian, karena yang tertinggal hanya bagiannya setan.’ Kemudian Umar menyuruh mereka bangkit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

1. Tingkatkan Daya Ingat

Dilansir webmd.com, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari sebelumnya. Tidur siang juga berfungsi untuk mencegah Anda melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal.

2. Tingkatkan Suasana Hati

Jika Anda merasa lelah atau gelisah, cobalah tidur siang untuk membangkitkan kembali semangat Anda. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan dan meningkatkan suasana hati. Para ahli mengatakan relaksasi yang berasal dari berbaring dan istirahat adalah pendorong suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak.

3. Obati Insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur. Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu, namun sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

4. Baik untuk Jantung

Tidur siang dapat membantu detak jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah melalui tekanan mental. Jadi, tidur siang dapat membantu tubuh Anda pulih dari situasi yang penuh tekanan.

5. Tingkatkan Kreativitas

Tidur REM, yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah Anda tertidur, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan imajinasi dan mimpi. Tidur siang dengan tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide dengan cara baru untuk menemukan jawaban bagi banyak persoalan dalam keseharian maupun pekerjaan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini