5 Manfaat Madu untuk Wajah, Membuat Kulit Tampak Cerah Alami

Rabu, 1 April 2020 19:59 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Manfaat Madu untuk Wajah, Membuat Kulit Tampak Cerah Alami Ilustrasi madu. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Madu tidak hanya membantu menambah cita rasa makanan, tetapi juga salah satu bahan alami terbaik yang disukai kulit Anda. Manfaat madu bisa diaplikasikan pada wajah lebih dari yang bisa Anda bayangkan.

Dari melembabkan dan mengeksfoliasi kulit, hingga menyembuhkan bekas luka dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Madu adalah bahan ajaib yang dibutuhkan oleh kulit.

Madu adalah antiseptik alami yang menyembuhkan kulit dengan cepat. Sifat antibakterinya membantu menghilangkan bakteri dan kuman dari kulit Anda. Sifat anti-inflamasinya mengurangi peradangan kulit yang memicu jerawat dan sarat dengan antioksidan.

Madu bertindak sebagai agen pembersih yang membuka sumbat pori-pori, sehingga menghilangkan komedo. Sifat pemutihnya membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi, membuat wajah memiliki warna kulit yang merata.

Itulah mengapa, madu digunakan di sejumlah produk kecantikan seperti lip balm, masker wajah, pelembab dan sampo. Berikut akan penulis jabarkan manfaat madu untuk wajah.

2 dari 7 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah

ilustrasi madu
Shutterstock/fotoaloja

Madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat bagi kulit, terutama jika memiliki kondisi kulit berjerawat atau autoimun seperti eksim atau psoriasis. Bahkan pertumbuhan berlebih jamur candida dapat dikontrol dengan mengoleskan madu ke kulit.

Mengutip dari healthline.com, madu mentah dapat membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit. Sehingga madu menjadi produk yang bagus digunakan untuk jerawat. Madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit.

Jika Anda memiliki eksim, madu yang tidak dipasteurisasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan. Madu Manuka sangat efektif menyembuhkan luka dengan cepat sehingga sering digunakan oleh dokter dalam perawatan klinis.

Madu mentah juga merupakan eksfoliator alami, yang berarti mengaplikasikannya ke wajah Anda akan menghilangkan kulit yang kering dan kusam.

3 dari 7 halaman

1. Membersihkan Pori-Pori

Madu mengandung sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik yang membantu membuka pori-pori kulit, membersihkannya dan membantu menghilangkan komedo. Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah bahwa madu adalah obat untuk masalah kulit terbesar dan paling umum, jerawat.

Madu merupakan bahan yang luar biasa dalam memerangi jerawat dengan mencegah pori-pori Anda dari minyak dan kotoran. Menggunakan madu pada wajah secara teratur juga akan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sehingga warna kulit menjadi lebih bersih, cerah dan awet muda.

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai eksfoliasi. Madu bertindak sebagai eksfoliasi alami yang lembut pada kulit dan membuat Anda memiliki kulit yang lebih cerah.

Namun, ingatlah untuk tidak melakukan eksfoliasi berlebihan karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit Anda. Lakukan eksfoliasi menggunakan madu tidak lebih dari tiga kali seminggu untuk hasil yang efektif.

4 dari 7 halaman

2. Menghidrasi Kulit

Kulit dehidrasi akan terlihat kusam dan tak bernyawa. Tidak ada perawatan kulit atau produk kecantikan yang dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh dehidrasi. Kehilangan kelembaban dari kulit Anda dapat menyebabkan bercak kering yang kasar dan gatal.

ilustrasi kulit cantikShutterstock

Dalam kasus seperti ini, yang terbaik adalah mengandalkan solusi rumahan alami untuk menghidupkan kembali kulit Anda. Manfaat madu untuk wajah diperoleh karena sifatnya yang menenangkan dan melembapkan.

Madu akan membantu melembabkan kulit Anda sehingga terasa halus, cerah dan bercahaya. Humektan dan emolien alami yang terkandung dalam madu meningkatkan kadar air di kulit Anda dan mengurangi kekeringan. Menggunakan masker wajah yang berbahan dasar madu dapat menghidupkan kembali kelembapan cahaya kulit Anda.

Faktor-faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi serta kebiasaan gaya hidup tertentu seperti tidur dengan make up dan tidak menggunakan tabir surya dapat menjadi beberapa alasan mengapa kulit Anda menua lebih cepat dari seharusnya.

Penuaan dini telah menjadi fenomena umum di kalangan wanita akhir-akhir ini. Oleh karena itu, penting untuk memberikan TLC ekstra pada kulit Anda untuk mencegah keriput dan garis-garis halus muncul di usia 30-an.

Madu dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Madu sarat dengan enzim, antioksidan, probiotik, dan nutrisi yang membantu dalam anti-aging.Madu membantu melembabkan dan mengenyalkan kulit. Dan pada saat yang sama juga mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

5 dari 7 halaman

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Apa yang lebih buruk dari jerawat? Bekasnya. Jika Anda seseorang yang berjuang untuk menyembunyikan bekas jerawat dengan makeup, bisa beralih ke bahan alami ini.

Manfaat madu untuk wajah yang tak kalah ampuh adalah meminimalkan peradangan dan menyembuhkan kulit lebih cepat. Sifat antiseptik dan antioksidan tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat atau jerawat itu sendiri.

Menggunakan tabir surya yang cukup selama musim panas atau ketika bermain di pantai tropis tidak menjamin Anda tidak terkena sunburn. Sinar UV yang keras dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit terbakar, tanda-tanda awal penuaan, peradangan dan bintik-bintik gelap.

Sengatan matahari adalah salah satu masalah kulit yang paling umum karena kita sering lupa untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum ber-makeup. Biasanya, kulit wajah lalu menjadi terbakar akibat kelebihan paparan sinar matahari.

Dalam kasus seperti itu, madu dapat digunakan pada area yang bermasalah. Dari memberikan nutrisi ke jaringan yang rusak hingga mengurangi peradangan, manfaat menggunakan madu di wajah adalah menjadikannya salah satu solusi terbaik untuk mengobati luka bakar.

Campurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok gel lidah buaya. Campur dengan baik dan oleskan ke bagian kulit yang terbakar. Campuran ini akan menenangkan kulit Anda dan pada saat yang sama menyembuhkan kulit terbakar.

6 dari 7 halaman

4. Mencerahkan Wajah

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah, ia juga salah satu solusi alami terbaik untuk memutihkan kulit. Khasiat antibakterinya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman sehingga membuat kulit menjadi lembab dan bergizi.

ilustrasi kulit cantikShutterstock

Mencampur madu dengan bahan alami lain, seperti lemon dan yoghurt, dapat membuat warna kulit menjadi lebih putih. Campurkan satu sendok makan yoghurt segar dan satu setengah sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Meski penuaan tidak bisa dihindari, mencegah tanda-tanda awal penuaan sepenuhnya ada di tangan Anda. Selain menggunakan krim dan serum anti penuaan, sangat baik untuk memanjakan kulit Anda dengan kebaikan alami madu.

Manfaat madu untuk wajah juga dapat membantu mengurangi munculnya keriput secara luas. Madu sarat dengan antioksidan termasuk flavonoid dan polifenol yang melawan kerusakan kolagen yang pada gilirannya membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.

7 dari 7 halaman

5. Mengatasi Bibir Kering

Saat fokus merawat kulit wajah, kadang bisa terlupa untuk perawatan bibir. Bibir sama-sama dipengaruhi oleh sinar UV yang berbahaya, dan karenanya perlu dimanjakan.

8 penyebab bibir hitam pada wanitaliputan6.com 2020 Merdeka.com

Penggunaan lipstik secara terus menerus dapat membuat bibir Anda pecah-pecah dan dehidrasi. Anda akan senang mengetahui bahwa mengoleskan madu murni pada bibir secara teratur dapat membuatnya halus dan lembut.

Yang perlu dilakukan hanyalah mengoleskan madu ke bibir setiap malam sebelum tidur. Obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan kesehatan bibir Anda.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini