Kisah Pria Surabaya Sulap Brownies Jadi Keripik, Omzetnya Ratusan Juta per Bulan

Kamis, 13 Januari 2022 09:30 Reporter : Rizka Nur Laily M
Kisah Pria Surabaya Sulap Brownies Jadi Keripik, Omzetnya Ratusan Juta per Bulan brownies panggang. ©2021 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - Mega Siswindarto, warga Kota Surabaya, Jawa Timur, mengaku mendapatkan omzet hingga ratusan juta per bulan dari bisnis keripik brownies. Bahkan, selama pandemi, penjualan produknya mengalami kenaikan hingga 20%.

Kesuksesan Mega tidak datang begitu saja. Bisnis yang sebelumnya ia geluti pernah gulung tikar akibat ketatnya persaingan di pasaran.

Dikutip dari akun Instagram @suksesdiproses, Senin (3/1/2022), Mega memulai kariernya di dunia bisnis dengan menjual brownies panggang.

Empat tahun berselang, pada 2015, bisnisnya kalah saing dengan merek-merek besar. Tak hanya itu, tren brownies panggang pun mulai menurun. Bisnis Mega anjlok hingga pendapatannya hampir mencapai nol rupiah.

2 dari 3 halaman

Modal Rp1 Juta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mega Siswindarto (@megasiswindarto)

Selama tahun 2015, Mega memutar otak. Ia melakukan survei kepada para pelanggannya untuk melihat apa yang disukai masyarakat.

Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat lebih sering ngemil makanan ringan yang bercita rasa manis. Dari sini, terciptalah ide membuat keripik brownies.

Modal awal yang ia gunakan untuk mengembangkan usaha keripik brownies pun tidak besar, yakni Rp1 juta. Modal ini digunakan untuk keperluan branding dan investasi packaging. Pasalnya, Mega sudah memiliki alat-alat dan bahan untuk membuat brownies.

3 dari 3 halaman

Omzet Ratusan Juta

ilustrasi uang©shutterstock.com/Robbi

Mega melebarkan sayap bisnis keripik browniesnya dengan cara sistem agen. Hingga kini, sudah ada ribuan orang yang terdaftar sebagai agen keripik brownies.

Kini, pengiriman produk keripik brownies milik Mega sudah dilakukan ke berbagai daerah di Indonesia. Tak heran jika penghasilan per bulannya mencapai ratusan juta rupiah.

Selain menambah karyawan, Mega juga menambah aset bisnis. Kini sudah punya dua rumah produksi dan satu gudang peralatan.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini