Jenis Penyakit Psikologis yang Lengkap dan Umum Terjadi, Waspadai Perkembangannya

Jumat, 18 Desember 2020 15:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
Jenis Penyakit Psikologis yang Lengkap dan Umum Terjadi, Waspadai Perkembangannya ilustrasi depresi. © boldsky.com

Merdeka.com - Penyakit psikologis atau gangguan mental adalah kondisi yang memengaruhi pemikiran, perasaan, suasana hati, dan perilaku. Penyakit psikologis tertentu mungkin hanya muncul sesekali, dan beberapa dapat bertahan lama (kronis). Penyakit psikologis dapat memengaruhi kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan berfungsi secara normal setiap harinya.

Istilah penyakit psikologis terkadang digunakan untuk merujuk pada apa yang lebih sering dikenal sebagai gangguan mental atau gangguan kejiwaan. Gangguan mental atau gangguan jiwa adalah pola gejala perilaku atau psikologis yang memengaruhi berbagai bidang kehidupan. Gangguan ini tentu menimbulkan tekanan bagi orang-orang yang mengalaminya.

Ada hampir 300 jenis penyakit psikologis atau gangguan mental yang terdaftar di DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental adalah buku pegangan yang digunakan oleh para profesional kesehatan dalam membantu mengidentifikasi dan mendiagnosis penyakit psikologis.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kategori utama dari jenis-jenis penyakit psikologis yang dijelaskan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM) edisi terbaru yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: 1 Neurodevelopmental Disorders (Gangguan Perkembangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini