Ikhfa Adalah Salah Satu Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin, Ketahui Macamnya

Senin, 4 Januari 2021 13:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Ikhfa Adalah Salah Satu Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin, Ketahui Macamnya Alquran. shutterstock/Egypix

Merdeka.com - Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang telah diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Qur'an merupakan kitab suci bagi umat Islam. Kitab ini juga sekaligus menajdi kitab terakhir setelah Taurat, Zabur, serta Injil, yang telah diturunkan oleh Allah kepada Nabi serta Rasul.

Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Dalam Al-Qur'an terdapat 30 juz dengan 114 surat yang turun di dua tempat, yaitu Mekkah dan Madinah.

Al-Qur'an dijadikan oleh umat Muslim sebagai landasan nilai untuk menentukan hukum suatu tindakan manusia, ataupun sebagai landasan hidup. Segala bentuk firman Allah dari mulai perintah dan larangan dalam Islam sudah tertera di dalam Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Muslim.

Sebagai umat Muslim, kita telah diwajibkan untuk membaca, mempelajari, serta menerapkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Membaca Al-Qur'an juga telah merupakan ibadah tersendiri walaupun hanyalah membaca satu ayat yang pendek.

Nabi Muhammad bersabda, "Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).

Membaca Al-Qur'an walaupun hanya satu huruf telah diganjar dengan satu kebaikan serta dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Hal tersebut berdasarkan kepada hadits yang berbunyi:

"Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata: "Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan satu huruf 'Alif Laam Miim' akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi).

Membaca Al-Qur'an haruslah disertai dengan tajwid yang benar. Karena ketika bacaan tajwid tersebut salah, artinya pun juga akan berbeda. Membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar merupakan suatu keharusan bagi umat Muslim. Maka dari itu, seseorang haruslah memahami hukum bacaan tajwid agar dapat membaca Alquran dengan benar.

Ikhfa adalah salah satu hukum bacaan tajwid yang termasuk dalam bacaan nun mati atau tanwin. Melansir dari Brilio, berikut ini kami telah rangkum pengertian ikhfa serta macamnya.

Baca Selanjutnya: Pengertian Ikhfa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini