Heboh Serangga Laron Penuhi Jalan Sidoarjo Bak Air Banjir, Ini Penyebabnya

Jumat, 1 Juli 2022 11:09 Reporter : Rizka Nur Laily M
Heboh Serangga Laron Penuhi Jalan Sidoarjo Bak Air Banjir, Ini Penyebabnya Ilustrasi serangga laron. ©2022 Merdeka.com/Dok. NU Blitar

Merdeka.com - Pemilik akun TikTok bernama @farhandyrajaleva mengunggah sebuah video yang menunjukkan serangga laron memenuhi kawasan Jembatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).

Dalam video berdurasi 17 detik itu, tampak serangga laron beterbangan di antara para pengendara motor.

Akibatnya, para pengendara melajukan motor dengan kecepatan rendah karena pandangannya terhalang serangga laron yang beterbangan bebas.

2 dari 3 halaman

Penyebab

@farhandyrajaleva

 

♬ Creepy and simple horror background music(1070744) - howlingindicator

Menurut informasi yang dihimpun, serangga laron sering kali muncul sebagai tanda masuknya musim hujan. 

Dikutip dari laman resmi Desa Sumberbening Kabupaten Ngawi, serangga laron keluar pada malam hari untuk mencari tempat yang terang. Biasanya, laron muncul disertai hujan lebat atau gerimis dalam waktu lama. 

Serangga itu keluar dari persembunyiannya karena tanah dalam kondisi basah dan lembap akibat hujan. Mereka mencari tempat hangat seperti lampu. Tak heran jika didapati banyak laron mengelilingi lampu saat datangnya musim hujan. 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Video banyaknya serangga laron di jembatan Porong Kabupaten Sidoarjo yang diunggah pemilik akun TikTok @farhandyrajaleva itu menyita perhatian warganet. Ada yang menyangka sebagai banjir. 

Kukira banjir, airnya jernih karena deras,” tulis pemilik akun TikTok @jaempou.

Tak sedikit warganet yang mengaku geli melihat serangga laron dalam jumlah banyak. Sebenarnya, serangga itu bisa dihalau dengan meminimalisir keberadaan cahaya, misalnya mematikan lampu. 

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini