Biaya Pemeliharaan Tugu Kartonyono Ngawi Capai Rp125 Juta, Cat Berharga Mahal

Senin, 26 September 2022 15:59 Reporter : Rizka Nur Laily M
Biaya Pemeliharaan Tugu Kartonyono Ngawi Capai Rp125 Juta, Cat Berharga Mahal Lagu Kartonyono Medot Janji karya Denny Caknan. ©2021 Merdeka.com/YouTube DENNY CAKNAN

Merdeka.com - Tugu Kartonyono merupakan landmark Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang berbentuk gading gajah warna emas.

Landmark ini terletak di tengah salah satu ruas jalan utama yang menjadi penghubung antara Kabupaten Ngawi dengan daerah lain.

Rupanya, pemeliharaan tugu Kartonyono membutuhkan biaya cukup fantastis. Hal ini disebabkan oleh adanya kebutuhan pengecatan ulang.

2 dari 3 halaman

Biaya Capai Rp125 Juta

kartonyono medot janji denny caknan

Kartonyono Medot Janji - Denny Caknan©2020 Merdeka.com/YouTube/ DENNY CAKNAN

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Ngawi, Mohammad Sadli mengungkapkan, anggaran yang dibutuhkan untuk pemeliharaan Tugu Kartonyono mencapai Rp125 juta.

Tugu Kartonyono dengan ciri gading berwarna emas raksasa yang ditopang enam gading ini kini tengah dicat ulang. Gading gajah purba yang semestinya berwarna emas, namun sudah kusam dan mengelupas.

"Kurang lebih Rp125 juta lah," tutur Sadli, dikutip dari akun Instagram @aboutngawi, Senin (26/9/2022).

Cat Berharga Mahal

Mahalnya biaya pengecatan tugu Kartonyono bukan tanpa alasan. Material pada tugu tersebut tidak terbuat dari metal biasa, tetapi dari stainless.

"Catnya nanti sama seperti pada kereta api," imbuh Sadli.

Saat ini, proses pengecatan ulang tugu Kartonyono Ngawi masih pada tahap pengelupasan cat awal. Pada tahapan ini, para pekerja harus bekerja ekstra.

"Karena harus ada penanganan khusus, di bakarlah, dan sebagainya," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pakai APBD

lagu kartonyono medot janji karya denny caknan
©2021 Merdeka.com/YouTube DENNY CAKNAN

Pemeliharaan tugu Kartonyono menggunakan alokasi APBD Kabupaten Ngawi. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp25 juta untuk perawatan mesin penggerak. Sementara, anggaran untuk pengecatan ulang berasal dari P-APBD 2022 Kabupaten Ngawi.

“Ada dua kegiatan, perbaikan mesin penggerak dan pengecatan ulang tugu Kartonyono. Pengecatan kita lakukan secara swakelola," tutur Sadli.

Setelah proses pengecatan ulang tugu Kartonyono, cat pada gading berbahan dasar stainless itu juga akan dilapisi material nano ceramic. Tujuannya, agar tidak ada air yang merembes pada lapisan cat sehingga lebih awet.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini