Barista Adalah Penyaji Kopi Profesional, Kenali Tugas dan Persyaratannya

Selasa, 19 Januari 2021 07:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
Barista Adalah Penyaji Kopi Profesional, Kenali Tugas dan Persyaratannya Ilustrasi barista. ©2014 Merdeka.com/nationswell.com

Merdeka.com - Barista adalah istilah kekinian yang sangat populer, terutama di kalangan anak muda masa kini. Dengan merambahnya kafe-kafe dan kedai kopi, kata "barista" tak lagi terasa asing. Secara umum, barista dipahami sebagai seseorang yang bertugas meracik dan menyajikan kopi. Lantas, apakah itu telah 100% benar?

Barista ternyata adalah seseorang yang mengkhususkan diri dalam membuat dan menyajikan berbagai minuman. Mereka biasanya bekerja di kedai kopi, toko buku, atau di bar yang menyajikan minuman khusus kopi atau espresso. Selain itu, kebanyakan barista melakukan lebih dari sekadar membuat minuman dengan rasa yang enak.

Barista pada praktiknya juga membantu mengurus inventaris, menjalankan mesin kasir, dan penyelesaian masalah lainnya. Banyak dari barista yang menerima bayaran per jam, tetapi sering kali bisa mendapatkan tip selain upah per jam mereka. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu barista yang menarik untuk diketahui.

2 dari 5 halaman

Mengenal Apa Itu Barista

Barista adalah orang yang membuat minuman kopi berbasis espresso. Barista biasanya dipekerjakan oleh kedai kopi secara khusus. Dan, ini mungkin adalah pengertian barista yang dikenal oleh masyarakat umum di seluruh dunia secara luas. Untuk menjadi seorang barista, Anda harus belajar bagaimana membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda mungkin juga perlu sedikit skill artistik.

Sebagian besar kedai kopi khusus menyajikan minuman kopi berdasarkan espresso. Espresso bukanlah biji kopi atau jenis panggang tertentu (yang berarti bagaimana biji tersebut dimasak). Sebaliknya, espresso adalah cara khusus untuk menyeduh kopi.

Meskipun istilah barista secara teknis mengacu pada seseorang yang telah terlatih secara profesional dalam menyiapkan espresso, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan siapa pun yang memiliki keterampilan yang baik dalam membuat minuman espresso seperti latte dan cappuccino.

3 dari 5 halaman

Asal Kata Barista

Kata barista berasal dari Italia, yang berarti "bartender" yang menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol, termasuk kopi dan minuman espresso. Istilah Italia adalah netral gender bila tunggal, melansir dari thespruceeats.com.

kopi sexpresso©2012 Merdeka.com

Dalam bahasa Inggris, netral gender bila tunggal atau jamak (baristas), tetapi dalam bahasa Italia, spesifik gender bila jamak, baik maskulin "baristi", yang berarti "barmen" atau "bartenders," atau feminine "bariste," "yang berarti" pelayan bar". Di Amerika Serikat, istilah ini terbatas pada server minuman berbasis kopi dan tidak termasuk server yang menyiapkan dan menyajikan minuman beralkohol.

Jadi, istilah barista adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti "bartender". Di Italia, barista menyajikan segala jenis minuman, tidak hanya terbatas pada kopi saja. Namun, di Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya, istilah "barista" umumnya hanya digunakan terbatas untuk mereka yang menyajikan minuman khusus kopi.

4 dari 5 halaman

Deskripsi Tugas Seorang Barista

Umumnya, barista yang bekerja di kedai kopi atau kafe yang mengoperasikan mesin espresso komersial (bukan mesin espresso rumahan). Meskipun pekerjaan mereka mungkin terdengar sederhana, mesin espresso komersial memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Beberapa di antaranya manual dan membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi dengan nuansa setiap bets kopi, kondisi cuaca hari itu, preferensi peminum, dan faktor lainnya. Karena barista mengerjakan mesin yang lebih detail, mereka harus mempelajari langkah-langkah rumit dalam menyiapkan espresso.

Selain membuat espresso, barista juga umumnya membuat busa, buih, dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso dan menyiapkan minuman kopi, seperti French press coffee, pour over coffee, dan drip coffee.

Adalah tugas barista untuk mengetahui perbedaan antara minuman seperti misalnya, Cortado, yang dibuat dengan bagian yang sama dari susu kukus padat dengan espresso, dan Flat White, yang merupakan bagian yang setara dengan susu dan espresso kukus dan bertekstur.

Terakhir, bagi banyak barista, layanan pelanggan adalah bagian penting dari pekerjaan mereka. Mereka menyajikan minuman yang telah mereka siapkan kepada pelanggan dan banyak orang berinteraksi langsung dengan barista.

Di kedai kopi yang lebih besar, barista mungkin bekerja di belakang layar dan tidak berinteraksi dengan pelanggan, tetapi di toko-toko yang lebih kecil barista juga bertanggungjawab terhadap servis pelanggan.

5 dari 5 halaman

Syarat Menjadi Barista

Secara umum, tidak ada persyaratan pendidikan untuk menjadi seorang barista. Namun, sebagian besar barista memiliki setidaknya ijazah sekolah menengah atas atau setara. Lebih dari sering, kedai kopi atau waralaba yang lebih besar mengharuskan Anda berusia 18 tahun dan akan memberikan pelatihan atau training kepada Anda calon barista.

Pelatihan mungkin termasuk memanggang biji, teknik pembuatan bir, mengukus susu, atau sanitasi mesin. Perusahaan yang lebih terkemuka seperti Starbucks atau Coffee Bean mungkin menawarkan pelatihan kerja yang lebih ekstensif daripada kedai kopi yang lebih kecil.

Konsistensi kualitas minuman juga sangat penting. Jika Anda ingin mempelajari teknik yang lebih mendalam, banyak program barista yang telah bermunculan karena popularitasnya, yang memungkinkan Anda untuk mempelajari segala sesuatu tentang barista sebagai karir.

Banyak perusahaan juga mencari kualitas individu yang mendengarkan dengan baik, memiliki skill komunikasi verbal, kehadiran yang baik, dan sejenisnya. Meskipun tidak diwajibkan, keterampilan layanan pelanggan juga bisa menjadi nilai tambah.

Seorang barista bekerja erat dengan pelanggan, jadi Anda harus memiliki kemampuan untuk membangun hubungan baik, memiliki kepribadian yang ramah, dan tampil secara profesional. Anda juga harus dapat memprioritaskan, memecahkan masalah, dan melakukan banyak tugas dalam lingkungan yang bergerak cepat.

Anda mungkin menghadapi pesanan yang campur aduk, masalah mesin, atau pelanggan yang tidak puas, jadi Anda harus bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan. Selain itu, multi-tasking juga penting; Anda akan bertugas menerima pesanan, menyiapkan minuman panas, menghias minuman sekaligus menyajikannya.

[edl]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kafe Unik
  3. Kopi
  4. Ragam
  5. Jatim
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini