Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Arti Simbol Per dalam Kalkulator HP, Ketahui Cara Menggunakannya
<b>Arti Simbol Per dalam Kalkulator HP, Ketahui Cara Menggunakannya</b><br>

Arti Simbol Per dalam Kalkulator HP, Ketahui Cara Menggunakannya

Per atau persen dalam kalkulator sangat berguna terutama untuk menghitung diskon saat belanja!

<a class=Cara menghitung per atau persen di kalkulator HP cukup mudah dipraktikkan. Dengan mengetahui persentase, akan membantu pebisnis atau pelaku usaha dalam mengetahui nilai suatu data atau hasil yang sedang dihitung. Persentase juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari, seperti persentase suku bunga, jumlah penduduk, dan lainnya." loading="lazy">

Cara menghitung per atau persen di kalkulator HP cukup mudah dipraktikkan. Dengan mengetahui persentase, akan membantu pebisnis atau pelaku usaha dalam mengetahui nilai suatu data atau hasil yang sedang dihitung. Persentase juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari, seperti persentase suku bunga, jumlah penduduk, dan lainnya.

Ya, arti simbol per dalam kalkulator HP maupun pada kalkulator secara umum adalah persen. Biasanya, persen digunakan untuk menggambarkan suatu data dalam bentuk presentase. Adapun rumus dalam menghitung persen, yaitu besar persen sama dengan jumlah bagian dibagi jumlah keseluruhan, kemudian dikalikan 100%.

Saat ini, cara menghitung persen bisa menggunakan kalkulator di HP. Tentu saja hal ini akan memudahkan seseorang ketika ingin mengetahui presentase. Berikut ulasan lengkap mengenai arti simbol per dalam kalkulator HP dan cara menghitungnya dengat tepat yang merdeka.com lansir dari tedieka.com dan sumber lainnya. Semoga bermanfaat.

<b>Sejarah Singkat Kalkulator HP</b>

Sejarah Singkat Kalkulator HP

Kalkulator pada handphone atau HP dalam konteks perangkat seluler tidak memiliki sejarah yang jauh sepanjang sejarah kalkulator fisik seperti kalkulator ilmiah atau keuangan. Sebaliknya, kemampuan kalkulator HP sebagian besar tergantung pada perkembangan teknologi perangkat seluler itu sendiri.

Berikut adalah beberapa poin penting dalam sejarah kalkulator pada handphone:

Era Telepon Genggam Awal (1990-an): Pada awalnya, telepon genggam hanya memiliki fitur-fitur dasar, dan aplikasi kalkulator tidak selalu disertakan sebagai fitur bawaan. Beberapa telepon mungkin memiliki kalkulator sederhana, tetapi ini tidak menjadi fokus utama.

Peningkatan Fungsi (Awal 2000-an): Seiring perkembangan teknologi, terutama dengan munculnya telepon pintar, aplikasi kalkulator menjadi lebih canggih dan lebih umum. Pada periode ini, banyak telepon pintar memiliki aplikasi kalkulator yang dapat melakukan operasi matematika dasar hingga yang lebih kompleks.

iOS dan Android (Akhir 2000-an): Dengan munculnya iOS dari Apple dan sistem operasi Android, aplikasi kalkulator menjadi semakin terintegrasi dan sering menyertakan fitur-fitur lanjutan seperti kalkulator ilmiah, konversi unit, dan lainnya.

Kalkulator Pintar dan Konektivitas (2010-an): Selama dekade ini, aplikasi kalkulator pada handphone semakin pintar dengan kemampuan untuk menyimpan riwayat perhitungan, menggabungkan fungsi kalkulator ke dalam aplikasi lain, dan terhubung ke internet untuk memperoleh data tambahan.

Kemampuan Kalkulator pada Perangkat Modern (2020-an): Saat ini, aplikasi kalkulator pada handphone sering kali memiliki antarmuka yang intuitif, mendukung operasi matematika kompleks, dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. Beberapa aplikasi juga mendukung fungsi visual, seperti pemindaian persamaan matematika.

Seiring dengan perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak handphone, aplikasi kalkulator terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga keuangan. Kalkulator pada handphone telah menjadi salah satu fitur dasar yang dapat diandalkan oleh pengguna sehari-hari.

<b>Arti Simbol Per dalam Kalkulator HP</b>

Arti Simbol Per dalam Kalkulator HP

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitungnya, pertama-tama Anda perlu memahami terlebih dahulu apa arti simbol per dalam kalkulator HP dan kalkulator secara umum.

Simbol persen (%) pada kalkulator digunakan untuk mengekspresikan nilai sebagai persentase dari suatu angka atau jumlah tertentu. Ketika Anda mengetikkan persen setelah angka, kalkulator akan menghitung persentase dari angka tersebut.

Berikut penjelasan yang lebih rinci mengenai arti simbol persen pada kalkulator:

1. Menghitung Persentase

Ketika Anda mengetikkan angka diikuti oleh simbol per atau persen, kalkulator akan mengartikannya sebagai permil atau per seratus dari nilai tersebut. Misalnya, jika Anda mengetikkan "50%", kalkulator akan menghitung itu sebagai setengah atau 0,5 dari nilai yang dimasukkan. Ini sering digunakan untuk menghitung diskon, pajak, atau pertumbuhan persentase.

2. Perubahan Persentase

Simbol persen juga digunakan untuk menghitung perubahan persentase antara dua nilai. Misalnya, jika Anda memiliki dua angka, katakanlah 100 dan 120, dan Anda ingin mengetahui berapa persen kenaikan dari 100 ke 120, Anda dapat menggunakan simbol persen untuk menghitungnya. Dengan mengetikkan "120 - 100 =", kemudian menambahkan simbol persen, kalkulator akan memberi Anda hasil persentase kenaikan.

3. Persentase Dari Sebuah Angka

Simbol persen juga berguna untuk menemukan persentase dari suatu angka. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui berapa persen 30 dari 150, Anda dapat mengetikkan "30 ÷ 150 =", dan kemudian menambahkan simbol persen untuk mendapatkan hasilnya.

Dengan menggunakan simbol persen pada kalkulator, Anda dapat dengan cepat melakukan perhitungan persentase yang beragam, memudahkan untuk menginterpretasikan dan mengelola data dalam bentuk persentase.

<b>Cara Menghitung Per atau Persen dengan Kalkulator HP</b>

Cara Menghitung Per atau Persen dengan Kalkulator HP

Cara menghitung persen di kalkulator HP cukup mudah dipraktikkan. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menjual tas dengan rincian sebagai berikut:

Harga: Rp150.000

Diskon: 20%

Adapun cara menghitung harga setalah diskon menggunakan kalkulator adalah sebagai berikut,

Rumus perhitungan:

Harga setelah diskon= Harga awal- (harga awal x presentase diskon)

Berikut cara menghitung harga setelah diskon di kalkulator HP:

1. Pertama, buka aplikasi kalkulator

2. Setelah itu, ketikkan harga tas dan kalikan dengan presentase diskon untuk mendapatkan jumlah diskon (150.000x 20%= 30.000)

3. Jika tidak ada tombol “%” pada kalkulator, Anda bisa mengetikkan 0.2 untuk menggantikannya

4. Kurangi harga awal dengan jumlah diskon (150.000-30.000=Rp120.000)

5. Harga setelah diskon 20% dari tas tersebut adalah Rp120.000

Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa diskon dari tas tersebut adalah Rp120.000

Cara Menghitung Persen Secara Keseluruhan

Cara menghitung persen yang pertama bisa dengan menghitung persen atau nilai secara keseluruhan. Cara ini akan lebih mudah dipahami dengan pengaplikasian terhadap soal.

Misalnya diketahui sebuah toples berisi 1199 kelereng merah dan 485 kelereng biru. Sehingga total kelereng dalam toples tersebut berjumlah 1684. Jumlah 1684 ini sama dengan bernilai 100%. Lalu berapakah nilai persen dari 485 kelereng biru.

1. Pertama, letakkan nilai 485 (jumlah kelereng biru) dengan 1684 (total kelereng) dalam bentuk pecahan, yaitu 485/1684.

2. Kemudian bagi kedua angka tersebut hingga ditemukan bentuk desimal, yaitu 485/1684 = 0,288.

3. Lalu, ubah hasil desimal tersebut ke dalam bentuk persen dengan mengalikan 100, yaitu 0,288 x 100 = 28,8. Setelah itu tambahkan tanda persen pada belakang angka tersebut, menjadi 28,8 %.

4. Anda bisa mengubah angka desimal ke dalam bentuk persen secara lebih mudah, yaitu dengan memindahkan tanda koma ke kanan sebanyak dua kali. Sehingga bentuk persen dari 0,288 = 28,8 %.

Cara Menghitung Persen Keuntungan di Kalkulator HP

Cara menghitung persen keuntungan juga bisa dilakukan di kalkulator HP. Presentase ini sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan bisnis dari waktu ke waktu.Sebagai contoh, penghasilan bulanan usaha Anda adalah sebagai berikut:

• Omzet= Rp5.000.000

• Keuntungan= Rp2.000.000

Rumus perhitungan:

Presentase keuntungan= (keuntungan/omzet) x 100

Setelah itu, hitung presentase keuntungan usaha yang Anda dapatkan seperti berikut:

1. Buka aplikasi kalkulator di HP

2. Setelah itu, ketikkan keuntungan usaha, lalu bagi dengan omzet (2.000.000/5.000.000)= 0.4

3. Setelah itu, kalikan hasil pembagian ini dengan 100 (0.4 x 100=40%)

Hasil presentase Anda dengan omzet 5 juta dan laba 2 juta adalah 40%.

Cara Menghitung Persen Kerugian

Setelah mengetahui cara mencari persen keuntungan, kini kita akan belajar cara menghitung persen kerugian. Pada dasarnya, kerugian bisa terjadi jika mendapati harga penjualan barang lebih kecil daripada harga saat membelinya. Besarnya kerugian yang diterima bisa dihitung menggunakan rumus persen kerugian, contohnya sebagai berikut:

Sebuah warung makan membeli peralatan dapur seharga Rp15 juta. Ternyata, warung tersebut perlu melakukan upgrade terhadap peralatan dapur, sehingga harus menjual kembali peralatan yang sudah dibeli dengan harga Rp13.500.000. Berapa persen kerugiannya?

Jawab:

Harga beli = Rp15.000.000

Harga jual = Rp13.500.000

Kerugian = Harga Beli - Harga Jual

Kerugian = Rp15.000.000 - Rp13.500.000

Kerugian = Rp1.500.000

Kerugian yang ditanggung sebesar Rp1.500.000.

Persentase kerugian = Besar Rugi / Modal (100%)

% Rugi = Rp1.500.000 / Rp15.000.000 x 100%

% Rugi = 10%

Setelah menghitung persen kerugian, maka diperoleh kerugian yang dialami warung makan tersebut sebesar 10%.

Cara Ceklis di Excel, Ini Langkah Praktisnya
Cara Ceklis di Excel, Ini Langkah Praktisnya

Membuat ceklis di Excel bisa dengan simbol perintah atau rumus khusus.

Baca Selengkapnya icon-hand
Banyak Sedekah Jadi Kunci Sukses Adibayu Bisnis Kentang, Kantongi Omzet Rp2,5 Miliar
Banyak Sedekah Jadi Kunci Sukses Adibayu Bisnis Kentang, Kantongi Omzet Rp2,5 Miliar

Memperluas jejaring dan perbanyak sedekah menjadi kunci yang Adibayu yakini menjadi perantara kesuksesannya saat ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Saldo di ATM Dipotong Tiap Bulan, Ternyata Dananya Untuk Ini
Saldo di ATM Dipotong Tiap Bulan, Ternyata Dananya Untuk Ini

Nilainya berkisar Rp7.500 sampai Rp20.000, tergantung jenis kartu nasabah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Quick Count Indikator 27 Persen Suara Masuk: Anies 23,53 Persen, Prabowo 59,68 persen, Ganjar 16,79 Persen
Quick Count Indikator 27 Persen Suara Masuk: Anies 23,53 Persen, Prabowo 59,68 persen, Ganjar 16,79 Persen

Perolehan suara Prabowo-Gibran dalam quick count mencapai 59,68 persen.

Baca Selengkapnya icon-hand
Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu Debit yang Tertelan Mesin ATM
Jangan Panik, Begini Cara Mengurus Kartu Debit yang Tertelan Mesin ATM

Umumnya, masalah ini terjadi karena terlambat menarik kartu setelah melakukan transaksi di mesin ATM.

Baca Selengkapnya icon-hand
Gara-gara Pinjol, Begini Kronologi Lengkap Perempuan Muda di Pacitan Nekat Curi Kartu ATM hingga Bunuh Anak Tetangga
Gara-gara Pinjol, Begini Kronologi Lengkap Perempuan Muda di Pacitan Nekat Curi Kartu ATM hingga Bunuh Anak Tetangga

Pelaku memasukkan sianida ke dalam kopi yang diminum bocah remaja itu

Baca Selengkapnya icon-hand
Quick Count Indikator Suara Masuk 44,80%: PDIP 15,87%, Golkar 14,71 % dan Gerindra 13,49%
Quick Count Indikator Suara Masuk 44,80%: PDIP 15,87%, Golkar 14,71 % dan Gerindra 13,49%

Lembaga survei Indikator mengungkapkan, hingga pukul 19.56 WIB data yang masuk sebesar 42,37 persen.

Baca Selengkapnya icon-hand
Ketahui Usia Berapa ketika Seseorang Lebih Bahagia dan Percaya Diri
Ketahui Usia Berapa ketika Seseorang Lebih Bahagia dan Percaya Diri

Usia seseorang terjadi bisa menjadi indikator dari kebahagiaan dan rasa percaya diri yang dimilikinya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bawaslu Ungkap Daftar Indikator Kerawanan yang Paling Banyak Terjadi di TPS
Bawaslu Ungkap Daftar Indikator Kerawanan yang Paling Banyak Terjadi di TPS

Bawaslu memaparkan tujuh indikator kerawanan yang paling banyak terjadi di tempat pemungutan suara (TPS).

Baca Selengkapnya icon-hand