Arti Kata Mager dan Penggunaannya dalam Bahasa Kekinian, Masuk di KBBI

Selasa, 24 Mei 2022 16:40 Reporter : Edelweis Lararenjana
Arti Kata Mager dan Penggunaannya dalam Bahasa Kekinian, Masuk di KBBI Ilustrasi tertawa. ©2012 Shutterstock/Yuri Arcurs

Merdeka.com - Tahukah Anda arti kata mager? Meski terdengar familiar beberapa orang belum mengetahui apa arti kata mager. Arti kata mager adalah malas gerak.

Kata mager sendiri telah muncul sejak beberapa tahun yang lalu. Penggunaannya kini tak terbatas pada anak-anak remaja saja melainkan juga sudah merambah ke orang dewasa. Lantas, apa sih sebenarnya arti kata mager ini?

Berikut ulasan selengkapnya mengenai arti kata mager dan bahasa gaul anak jaman sekarang. Serta bagaimana kata mager dan kata gaul lainnya digunakan dalam kehidupan sehari-sehari.

2 dari 3 halaman

Arti Kata Mager

Memang menarik mengikuti perkembangan bahasa gaul anak-anak muda, karena Anda akan selalu menemukan hal-hal baru yang bisa dipelajari. Salah satu di antaranya adalah aneka kata-kata singkatan seperti mager. Apa arti kata mager?

Secara sederhana, arti kata mager adalah malas gerak. Ya! Mager adalah kata singkatan yang berasal dari dua kata tersebut. Disingkat seperti itu karena selain lebih praktis untuk disebut, juga terkesan lebih kekinian dikalangan anak-anak muda jaman sekarang.

Arti kata mager, malas gelar ini rupanya sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia ) arti kata mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Kata mager biasa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sedang enggan atau tak bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Orang-orang yang dikatakan mager adalah mereka yang tidak ingin mengerjakan aktivitas apapun saat ini dikarenakan sedang dilanda rasa malas untuk bergerak.

3 dari 3 halaman

Perkembangan Bahasa Gaul Kekinian

Setelah mengetahui apa arti kata mager, Anda juga harus tahu bahwa kini telah banyak bahasa-bahasa kekinian yang masuk ke dalam KBBI. Sebut saja baper, julid, kepo, gebetan, dan masih banyak lagi. Bahasa-bahasa pergaulan ini pun telah digunakan secara luas oleh orang-orang dari segala usia.

Anda bisa menemukan orang-orang dewasa muda menggunakan kata-kata ini dalam percakapan harian mereka. Hal ini karena paparan bahasa gaul semakin masif dari para generasi muda di sekitarnya. Berikut adalah beberapa arti kata bahasa gaul lainnya yang sudah terdaftar dalam KBBI;

  • Baper

Baper adalah singkatan gaul dari kata Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui. 

  • Julid

Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

  • Pansos

Pansos adalah singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

  • Kepo

Kepo adalah singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

  • Lebay

Dalam KBBI, lebay diartikan sebagai berlebihan tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya. Istilah ini dimaknai sebagai perilaku berlebihan yang cenderung terlihat negatif.

  • Gebetan

Dalam KBBI, gebetan diartikan sebagai "seseorang yang sedang ditaksir atau disukai." Istilah ini banyak digunakan untuk kata ganti seseorang yang spesial. [edl]

Baca juga:
Julid adalah Mengomentari Sesuatu Secara Berlebihan, Begini Cara Menghadapinya
Nolep adalah Bahasa Gaul dari No Life, Ketahui Arti dan Penggunaannya
Bikin Pengumuman Pakai Cara Gaul, Unggahan Bupati Ngawi di Grup FB Banjir Komentar
ASMR adalah Autonomous Sensory Meridian Response, Berikut Manfaatnya
Doi Adalah Pacar, Uang Atau Laki-Laki, Ketahui Pula Bahasa & Istilah Gaul ABG Lainnya
XOXO Artinya dalam Bahasa Gaul, Begini Makna Setiap Hurufnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini