6 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah dengan Efektif, Wajib Dicoba

Kamis, 25 November 2021 19:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah dengan Efektif, Wajib Dicoba Ilustrasi bibir kering. © StyleCraze

Merdeka.com - Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah bisa dilakukan dengan cara sederhana. Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah memang bisa membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Kulit di bibir jauh lebih tipis dan lebih halus daripada di bagian tubuh lainnya.

Cuaca yang dingin dan kering, kerusakan akibat sinar matahari, dan seringnya Anda menjilati bibir adalah salah satu alasan mengapa bibir bisa menjadi kering dan pecah-pecah. Bibir kekurangan kelenjar minyak sehingga tidak dapat menghasilkan kelembapannya sendiri.

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah bisa menggunakan lip balm. Namun, ada juga berbagai pengobatan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi kekeringan dan pecah-pecah di bibir. Untuk mencegah dan mengobati bibir kering dan pecah-pecah ini di rumah, Anda bisa melakukan beberapa cara yang cukup sederhana.

Dilansir dari laman American Academy of Dermatology Association, berikut tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang telah kami rangkum khusus untuk Anda.

2 dari 3 halaman

1. Gunakan Lipbalm yang Bagus

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah dengan membeli dan menggunakan produk lipbalm yang bagus. Beberapa jenis lipbal ada yang lebih baik daripada yang lain, dan beberapa merek populer yang terjual di pasaran mungkin mengandung bahan yang berbahaya bagi bibir.

Misalnya, banyak lip balm yang mengandung mentol atau perasa mint lainnya. Bahan ini dapat memberikan sensasi dingin, tetapi mint adalah bahan yang sangat kering dan dapat membuat bibir lebih pecah-pecah dari sebelumnya. Bahan yang tidak baik dalam sebuah lipbalm adalah menthol, kamper, dan fenol.

Hindari juga menggunakan produk bibir beraroma, karena bahan-bahan ini juga dapat mengeringkan bibir. Carilah pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan, seperti petroleum jelly, lanolin, beeswax,dan ceramide.

2. Gunakan Bahan Alami

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang kedua adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Untuk menenangkan dan melembapkan bibir pecah-pecah, Anda bisa mengaplikasikan beberapa bahan seperti minyak kelapa yang terbuat dari daging kelapa. Minyak ini memerangi peradangan dan merupakan emolien, yang berarti dapat menenangkan dan melembutkan kulit.

Anda juga bisa mencoba madu, di mana bahan ini sangat melembapkan, yang menjadikannya perawatan yang baik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

Mentimun juga dapat melembabkan bibir dengan lembut dan diketahui mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan penampilan bibir. Teh hijau yang kaya akan antioksidan dan mineral mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan.

Rendam sekantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan. Teknik ini lebih lembut daripada pengelupasan kulit tradisional.

3. Eksfoliasi Bibir

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang ketiga adalah dengan melakukan eksfoliasi. Bibir yang pecah-pecah ditutupi lapisan kulit kering yang dapat mencegah bahan penyembuh dalam lip balm mencapai area yang tepat.

Anda dapat menggunakan scrub bibir yang mengandung gula untuk mengelupas kulit kering dengan lembut. Saat membeli scrub bibir, carilah produk yang mengandung bahan yang akan menenangkan dan melembapkan bibir.

3 dari 3 halaman

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang ke empat adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dehidrasi adalah penyebab utama bibir pecah-pecah. Banyak orang mungkin tidak menyadari ketika mereka sedikit mengalami dehidrasi, jadi adalah ide yang baik untuk membuat kebiasaan minum air sepanjang hari sebagai hal yang rutin.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh menarik air dari area tertentu untuk memastikan sel tetap terhidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir.

Gejala dehidrasi lainnya meliputi merasa haus, mulut kering, sakit kepala, dan pusing. Asupan air harian yang direkomendasikan bervariasi, tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik seseorang.

5. Gunakan Pelembap Udara

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang kelima adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara. Menghabiskan terlalu banyak waktu di udara kering dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Ini adalah masalah yang sangat umum terutama di cuaca atau musim yang dingin.

Minum banyak air adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang tahun. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelembap udara untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan kembali ke udara.

6. Hindari Merokok

Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang ke enam adalah dengan tidak merokok. Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, menyebabkannya mengering dan menjadi lebih mudah pecah-pecah.

Merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan nyeri gusi. Anda dapat memerhatikan bahwa bibir pecah-pecah akan hilang segera setelah berhenti merokok, dan kulit menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini