Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Manfaat Bunga Calendula untuk Wajah, Cegah Kulit Kering dan Penuaan Dini

6 Manfaat Bunga Calendula untuk Wajah, Cegah Kulit Kering dan Penuaan Dini Ilustrasi calendula. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Berasal dari Mediterania, Calendula officinalis atau pot marigold adalah tanaman herba yang biasa digunakan dalam produk herbal dan perawatan kulit. Dianggap mekar pada awal bulan, nama abadi ini berasal dari bahasa Latin "kalendae" yang berarti "kalender kecil" atau "hari pertama setiap bulan."

Bunga calendula berwarna oranye atau emas dengan aroma segar yang kuat. Sebagai ramuan tepercaya selama berabad-abad, Calendula diketahui telah digunakan secara tradisional dalam Pengobatan Ayurveda dan Tradisional Cina.

Ekstrak dan kelopak Calendula telah diuji secara ilmiah untuk memberikan pasokan senyawa pengurang ketidaknyamanan yang berkelanjutan pada kulit. Setiap kelopak Calendula mengandung lima senyawa — Asam Oleanic, Lupeol, Quercetin, α Amyrin dan β Amyrin. Senyawa berkhasiat ini telah dipelajari dan dikenal memberikan perlindungan antioksidan, menenangkan kulit dan mengurangi ketidaknyamanan.

Senyawa efektif dalam Calendula membantu menenangkan dan memperbaiki kulit secara nyata. Dengan membantu mengurangi ketidaknyamanan, kelopak dan ekstrak bunga Calendula membantu kulit terlihat halus, bercahaya dan segar berembun. Berikut 6 manfaat bunga calendula pada kulit wajah yang telah teruji secara klinis.

1. Menghidrasi dan Menutrisi Kulit Kering

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah yang pertama adalah menghidrasi serta menutrisi kulit kering. Calendula dapat digunakan untuk meredakan berbagai jenis kondisi kulit yang dapat menyebabkan area kering, gatal, atau iritasi, mengutip dari allgoodproducts.com. Calendula menenangkan kulit yang mengalami gejala eksim, dermatitis dan sejenisnya.

Dengan mempromosikan produksi kolagen, protein penting untuk kulit bercahaya, Calendula membantu dalam memelihara kulit agar lembut dan terhidrasi. Meskipun efeknya kuat, kelembutan ramuan Calendula dalam perawatan kulit juga dapat dinikmati oleh para pemilik jenis kulit sensitif.

2. Anti Inflamasi

Manfaat bunga calendula yang kedua terdapat dalam sifat anti inflamasinya. Sudah menjadi kenyataan bahwa peradangan adalah akar dari banyak masalah kulit. Anda dapat menyalahkan peradangan sebagai penyebab munculnya jerawat, rosacea, eksim, sensitivitas, bahkan kerusakan kolagen. Semua kondisi kulit yang meradang ini bisa dirawat dengan efek menenangkan yang berasal dari calendula.

Sifat anti-inflamasi ini berkat dosis flavonoid, saponin, dan triterpenoid bunga calendula yang manjur, mengutip dari ipsy.com. Ini memberi calendula kemampuan untuk mencegah pelepasan histamin tubuh Anda, yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, alergi, dan pembengkakan. Dan untuk mengatasi jerawat, calendula yang bersifat lembut tidak akan membuat kulit Anda kering dan aman digunakan dengan bahan anti jerawat lainnya seperti benzoil peroksida dan asam salisilat.

3. Melawan Tanda Penuaan

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah yang ketiga adalah melawan kemunculan tanda-tanda penuaan. Dalam hal manfaat anti-penuaan, calendula bersifat mencegah dengan dua cara utama, melansir dari www.herbaldynamicsbeauty.com.

Pertama dengan meningkatkan kekencangan kulit Anda (melalui produksi kolagen) dan yang kedua dengan meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air (yang berarti lebih sedikit garis halus dan kerutan).

Dengan kata lain, calendula adalah pelembap kulit anti-penuaan yang merangsang kolagen dan mengurangi kulit kering atau mengelupas. Calendula juga mengobati mata bengkak, jenis tanda penuaan yang paling ditakuti lainnya.

4. Memperlambat Perkembangan Keriput

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah yang keempat adalah memperlambat perkembangan keriput halus. Calendula juga terbukti membantu memperlambat perkembangan keriput. Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam Calendula telah terbukti secara signifikan melindungi terhadap stres oksidatif pada sel kulit manusia.

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan atom dan antioksidan yang merusak. Stres oksidatif memainkan peran besar dalam proses penuaan serta perkembangan beberapa penyakit. Calendula memungkinkannya menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat, menjadikannya komponen yang bagus untuk lotion atau lip balm harian.

5. Pelindung dari Faktor Eksternal

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah yang kelima untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal. Flavonoid yang sama yang memberi calendula kemampuan untuk menenangkan kulit, juga menjadikannya pelindung terbaik. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang sangat merusak yang dapat merusak kulit Anda. Radikal bebas tidak stabil dan mencari elektron yang hilang. Ketika radikal bebas mencuri elektron dari molekul lain, hal itu membuat mereka tidak stabil kembali.

Antioksidan, seperti flavonoid dalam ekstrak calendula, berpasangan dengan radikal bebas tersebut, pada dasarnya menetralisirnya sebelum dapat menyebabkan kerusakan yang menyebabkan penuaan dini (peningkatan garis halus dan kerutan), hiperpigmentasi dan kusam.

6. Sembuhkan Radang dan Cegah Breakout

Manfaat bunga calendula untuk kulit wajah yang keenam untuk menyembuhkan peradangan dan mencegah breakout. Mengoleskan minyak bunga calendula langsung ke noda kulit telah terbukti mempercepat proses penyembuhan. Calendula meningkatkan aliran darah ke area yang terluka, merangsang jaringan kulit, menghasilkan kolagen, dan mendorong pertumbuhan sel baru. Hal ini pada gilirannya, mengurangi peradangan dan menenangkan kulit.

Jika Ada sedang berjuang melawan berjerawat atau memiliki kulit yang rentan berjerawat, calendula akan menjadi bahan favorit baru Anda. Sifat anti-mikroba Calendula membuatnya menjadi astringen yang kuat untuk melawan bakteri penyebab jerawat yang mengganggu. Calendula cukup lembut untuk digunakan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

(mdk/edl)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Kanker hingga Penyakit Jantung
Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Bunga pepaya tidak kalah dengan daunnya dalam memberikan manfaat bagi kesehatan. Mari telusuri manfaatnya dalam membantu mencegah berbagai penyakit!

Baca Selengkapnya
Cara Atasi Keriput Wajah dan Kulit Kendur Hanya dengan 1 Buah, Langsung Tampak Awet Muda
Cara Atasi Keriput Wajah dan Kulit Kendur Hanya dengan 1 Buah, Langsung Tampak Awet Muda

Kulit keriput dan kendur adalah masalah kulit yang muncul seiring bertambahnya usia. Yuk, simak cara mengatasi keduanya hanya dengan satu jenis buah ini!

Baca Selengkapnya
Manfaat Lulur Rempah untuk Kulit, serta Cara Memilih Produk yang Tepat
Manfaat Lulur Rempah untuk Kulit, serta Cara Memilih Produk yang Tepat

Banyak wanita menggunakan lulur untuk mencerahkan kulit, salah satunya dengan lulur rempah. Ini cara memilih produk yang tepat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah, Kurangi Tanda-Tanda Penuaan
Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah, Kurangi Tanda-Tanda Penuaan

Eksfoliasi adalah cara merawat wajah yang bertujuan untuk membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Baca Selengkapnya
10 Produk Bedak untuk Wanita di Atas 50 Tahun, Ini Rekomendasinya
10 Produk Bedak untuk Wanita di Atas 50 Tahun, Ini Rekomendasinya

Masalah kulit akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, gunakan bedak yang tepat, berikut rekomendasinya.

Baca Selengkapnya
6 Manfaat Antioksidan untuk Kulit, Bantu Cegah Kanker
6 Manfaat Antioksidan untuk Kulit, Bantu Cegah Kanker

Antioksidan adalah senyawa penting yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit.

Baca Selengkapnya
Manfaat Kacang Lima bagi Kesehatan, Menyehatkan Tulang dan Jantung
Manfaat Kacang Lima bagi Kesehatan, Menyehatkan Tulang dan Jantung

Kacang lima memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik.

Baca Selengkapnya
7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria Secara Alami, Aman dan Mudah Dilakukan
7 Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria Secara Alami, Aman dan Mudah Dilakukan

Cara menghaluskan kulit wajah pria yang kasar bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Selengkapnya
10 Buah untuk Penyakit Jantung, Efektif Kurangi Gejala
10 Buah untuk Penyakit Jantung, Efektif Kurangi Gejala

Terdapat beragam buah yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Selengkapnya