15 Jenis Minuman Kopi yang Perlu Diketahui, dari Espresso hingga Flat White

Selasa, 24 November 2020 14:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
15 Jenis Minuman Kopi yang Perlu Diketahui, dari Espresso hingga Flat White Ilustrasi kopi. ©Pixabay

Merdeka.com - Kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Meminum kopi bagi sebagian orang telah menjadi ritual di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kopi dikonsumsi dan digemari oleh semua kalangan usia. Namun seiring dengan adanya modern coffee shop atau kedai kopi modern yang mulai bermunculan, konsumen kopi dari segmentasi remaja dan dewasa kian meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali Indonesia.

Istilah kopi darat atau kopdar sering digunakan dalam interaksi sosial para kawula muda. Nongkrong sambil menyeruput kopi di kedai atau kafe adalah salah satu bentuk bersosialisasi yang dilakukan oleh para anak muda ini. Kopi lantas menjadi semakin lekat dalam budaya populer, mengingat perannya yang cukup signifikan.

Berbicara mengenai minum kopi, saat Anda berkunjung ke kafe atau kedai kopi modern, Anda pasti akan dihadapkan pada beberapa nama-nama asing berbahasa Inggris seperti Espresso, Americano, Cappuccino, Latte, Flat White, Affogato, Long Black, Cold Brew, dan masih banyak jenis minuman kopi lainnya. Jika Anda hanyalah peminum kopi kasual, Anda mungkin akan sedikit kebingungan dengan hal ini.

Untuk itu, dalam artikel ini merdeka.com akan membahas tentang jenis minuman kopi yang paling populer dan paling sering terpampang dalam daftar menu kafe atau kedai kopi modern, mengutip dari tasteofhome.com. Setelah memahami perbedaan dan ciri khas masing-masing jenis minuman kopi ini, dijamin Anda tidak akan kebingungan lagi.

2 dari 4 halaman

1. Black Coffee

Jenis minuman kopi yang pertama adalah black coffee atau kopi hitam. Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis minuman kopi yang satu ini? Kopi hitam terutama sangat disukai oleh orang-orang dewasa. Kopi hitam adalah jenis minuman kopi yang sederhana, dibuat dengan biji kopi bubuk yang direndam dalam air panas, dan disajikan hangat. Jika Anda ingin terdengar mewah, Anda bisa menyebut kopi hitam dengan nama aslinya, yakni cafe noir.

2. Latte

Jenis minuman kopi yang kedua adalah latte. Sebagai minuman kopi paling populer di dunia, latte terdiri dari espresso dan steamed milk dengan sedikit busa di atasnya. Latte bisa dipesan dalam bentuk dan rasa originalnya, atau dengan tambahan perasa mulai dari vanilla hingga kayu manis. Latte juga terkenal dengan latte art-nya, yakni seni menggambar bentuk atau pola di atas busa minuman ini.

3. Cappuccino

Jenis minuman kopi yang ketiga adalah cappuccino. Cappuccino adalah latte yang dibuat dengan lebih banyak busa (foam) daripada steamed milk, seringkali ditambah dengan taburan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya. Terdapat juga variasi cappuccino yang menggunakan krim sebagai pengganti susu atau yang memberikan penambah rasa.

4. Americano

Jenis minuman kopi yang keempat adalah americano. Dengan rasa yang mirip dengan kopi hitam, americano terdiri dari espresso shot yang diencerkan dengan air panas. Tips profesional khusus untuk Anda yang ingin membuat americano sendiri di rumah ialah, tuangkan espresso terlebih dahulu, baru tambahkan air panas.

5. Espresso

Jenis minuman kopi yang kelima adalah espresso. Espresso adalah jenis minuman kopi yang sangat pekat. Meski sederhana dalam penampilan, espresso cenderung sulit untuk diminum bagi pemula karena rasanya yang pahit dan kental. Minuman espresso dapat disajikan sendiri atau digunakan sebagai dasar dari sebagian besar jenis minuman kopi, seperti latte dan macchiatos.

3 dari 4 halaman

6. Doppio

Jenis minuman kopi yang keenam adalah doppio. Doppio adalah secangkir espresso shot ganda (1 shot espresso biasanya berkisar 20 hingga 35 ml). Doppio sangat cocok bagi pecinta kopi yang sedang membutuhkan semangat dan energi ekstra pada harinya.

7. Cortado

Jenis minuman kopi yang ketujuh adalah cortado. Cortado adalah jenis minuman kopi yang menawarkan keseimbangan antara espresso dan steamed milk hangat. Steamed milk biasanya digunakan untuk mengurangi keasaman espresso pada jenis minuman kopi yang satu ini.

8. Galão

Jenis minuman kopi yang kedelapan adalah galão. Galão adalah jenis minuman kopi yang berasal dari Portugal. Jenis minuman kopi panas ini sangat erat kaitannya dengan latte dan cappucino. Satu-satunya perbedaan adalah galão mengandung sekitar dua kali lebih banyak milk foam, menjadikannya minuman yang lebih ringan dibandingkan dengan latte ataupun cappuccino.

9. Macchiato

Jenis minuman kopi yang kesembilan adalah macchiato. Macchiato adalah jenis minuman kopi berbasis espresso lainnya yang memiliki sedikit busa di atasnya. Kata "macchiato" berarti tanda atau noda. Ini mengacu pada tanda bahwa steamed milk meninggalkan permukaan espresso saat dituangkan ke dalam minuman. Sirup perasa sering ditambahkan ke jenis minuman kopi ini, sesuai dengan preferensi pelanggan.

10. Mocha

Jenis minuman kopi yang kesepuluh adalah mocha. Mocha adalah jenis minuman kopi yang pas bagi Anda pecinta cokelat. Mocha adalah jenis minuman kopi yang terdiri dari espresso, coklat, steamed milk dan foam.

Mocha adalah perpaduan unik kopi dan cokelat panas. Bubuk atau sirup coklat memberikan rasa yang kaya dan lembut serta mengurangi keasaman espresso pada jenis minuman kopi satu ini.

4 dari 4 halaman

11. Flat White

Jenis minuman kopi yang kesebelas adalah flat white. Jenis minuman kopi yang satu ini berasal dari Australia dan New Zealand, yang merupakan perpaduan antara cappucino tanpa foam atau taburan coklat. Flat white adalah jenis minuman kopi espresso dengan steamed milk.

12. Affogato

Jenis minuman kopi selanjutnya adalah affogato. Affogato adalah jenis minuman kopi yang disajikan dengan satu sendok es krim dan satu atau dua gelas espresso. Affogato adalah kelezatan ekstra yang disajikan dalam jajaran jenis minuman kopi lainnya. Affogato lebih cocok disebut desert, karena sangat cocok dinikmati sehabis makan berat.

13. Café au Lait

Jenis minuman kopi yang ketigabelas adalah café au lait. Café au lait sangat cocok untuk Anda penyuka jenis minuman kopi minimalis yang menginginkan sedikit rasa lebih. Cukup tambahkan sedikit susu hangat ke dalamnya, maka café au lait sudah siap dinikmati.

14. Iced Coffee

Jenis minuman kopi yang keempatbelas adalah iced coffee atau es kopi. Ini adalah salah satu jenis minuman kopi tersimpel yang bisa Anda buat dan temukan di daftar menu kafe atau kedai kopi. Iced coffee pada dasarnya adalah campuran kopi dengan es yang sederhana, biasanya disajikan dengan sedikit susu, krim, atau pemanis.

15. Cold Brew

Jenis minuman kopi yang terakhir adalah cold brew. Cold Brew adalah jenis minuman kopi yang hanya bisa disajikan dalam bentuk dingin atau es. Cold brew memiliki tekstur yang lembut, yang dibuat dengan menyeduh kopi yang baru digiling dengan air dingin.

Dalam proses Cold Brew, seduhan kopi dengan air dingin tersebut lalu disimpan semalaman di dalam kulkas. Keesokan harinya, seduhan bisa disaring dan langsung diminum atau diencerkan dengan air apabila terlalu kental, sesuaikan dengan selera Anda.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini