Wisata Australia Populer dengan Pemandangan Indah, Wajib Dikunjungi

Kamis, 26 Januari 2023 14:00 Reporter : Ayu Isti
Wisata Australia Populer dengan Pemandangan Indah, Wajib Dikunjungi Great Barrier Reef. ©2014 Merdeka.com/Mirror UK

Merdeka.com - Australia merupakan salah satu destinasi negara yang sering dituju masyarakat Indonesia untuk liburan. Ini tidak lain karena Australia termasuk negara tetangga yang berjarak cukup dekat dengan Indonesia, sehingga aksesnya lebih mudah. Biaya untuk pergi ke Australia pun tidak terlalu mahal sehingga masih bisa terjangkau.

Lebih dari itu, Australia mempunyai beragam destinasi wisata menarik yang indah. Salah satunya wisata Australia berupa pemandangan alam yang elok dan memukau. Mulai dari terumbu karang terbesar Great Barrier Reef, monumen batu granit eksotis Uluru Ayers Rock, hingga Fraser Island yang menyajikan pulau pasir terbesar di dunia.

Bagi yang sedang berencana liburan ke Australia, beberapa wisata Australia populer dengan pemandangan indah berikut bisa menjadi salah satu pilihan destinasi Anda. Selain menikmati panorama alam yang memukau, tentu Anda juga akan mendapat berbagai pengalaman saat berkunjung ke beberapa objek ini.

Setelah memilih destinasi, maka Anda bisa segera menabung dan merencanakan keuangan dengan baik untuk liburan asik di Australia. Anda bisa menyesuaikan budget sesuai dengan kebutuhan, termasuk ketika Anda berencana liburan bersama keluarga. Berikut, kami merangkum beberapa rekomendasi wisata Australia dan cara menyusun dana liburan bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Wisata Australia Populer: Great Barrier Reef, Uluru, Daintree Rainforest

Great Barrier Reef

Wisata Australia populer dengan pemandangan indah yang bisa menjadi pilihan pertama adalah Great Barrier Reef. Great Barrier Reef adalah terumbu karang terbesar di dunia yang terletak di wilayah Queensland, Australia. Terumbu karang ini terdiri dari ribuan pulau kecil yang tersebar sepanjang kurang lebih 2.600 km di Samudera Pasifik.

Great Barrier Reef menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam dan merupakan tujuan wisata populer di Australia. Terumbu karang ini menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, kerang, moluska, dan berbagai jenis spesies laut lainnya. Selain itu, Great Barrier Reef juga menyediakan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, dan menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Uluru (Ayers Rock)

Wisata Australia populer berikutnya adalah Uluru (Ayers Rock). Uluru, juga dikenal sebagai Ayers Rock, adalah monumen alami granit yang terkenal di wilayah Northern Territory, Australia. Monumen ini berdiri sekitar 348 meter di atas dataran rata dan memiliki lebar sekitar 3,6 km. Monumen ini memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi suku asli Australia, the Anangu, yang menganggapnya sebagai tempat yang sangat penting dalam mitologi mereka.

Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitar Uluru, seperti berjalan kaki di sekitar monumen, menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit di atas monumen, dan mengunjungi Visitor Centre yang menyajikan informasi mengenai sejarah dan budaya suku asli Australia. Namun, diharapkan untuk tidak melakukan pendakian di atas monumen karena itu dianggap tidak sopan dalam budaya suku asli Australia.

Daintree Rainforest

Rekomendasi wisata Australia dengan pemandangan menarik selanjutnya adalah Daintree Rainforest. Daintree Rainforest adalah hutan hujan tropis yang terletak di wilayah Queensland, Australia. Hutan ini adalah salah satu dari beberapa hutan hujan tropis yang tertua di dunia dan merupakan salah satu dari tujuan wisata alam yang populer di Australia. Daintree Rainforest menjadi habitat bagi berbagai jenis spesies flora dan fauna yang unik dan langka, termasuk satwa endemik yang hanya ditemukan di sini.

Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di hutan ini, seperti berjalan-jalan di jalur pendakian yang disediakan, melakukan eksplorasi hutan dengan menyusuri sungai, atau mengunjungi Visitor Centre yang menyajikan informasi mengenai sejarah dan ekologi hutan. Selain itu, di Daintree Rainforest juga tersedia beberapa tour guide yang dapat membawa para pengunjung untuk menyelami hutan dan melihat satwa-satwa yang hidup di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Wisata Australia Populer: Kakadu National Park, Blue Mountains, Fraser Island

Kakadu National Park

Wisata Australia populer yang bisa menjadi pilihan Anda berikutnya adalah Kakadu National Park. Kakadu National Park adalah taman nasional yang terletak di wilayah Northern Territory, Australia. Taman nasional ini menjadi salah satu dari tujuan wisata alam yang populer di Australia dan merupakan salah satu dari taman nasional terbesar di negara ini. Kakadu National Park mencakup area seluas lebih dari 20.000 km2 yang meliputi hutan hujan tropis, rawa-rawa, dan pegunungan.

Taman nasional ini menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa dan tumbuhan yang unik dan langka. Selain itu, Kakadu National Park juga merupakan tempat yang penting bagi suku asli Australia, the Bininj/Mungguy, yang telah menempati wilayah ini selama berabad-abad. Taman nasional ini menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, seperti berjalan-jalan di jalur pendakian, eksplorasi hutan, hingga menyusuri sungai.

Selain itu, di Kakadu National Park juga tersedia beberapa tour guide yang dapat membawa para pengunjung untuk menyelami taman nasional dan melihat satwa-satwa yang hidup di dalamnya serta mengetahui budaya suku asli Australia yang masih kuat di sini.

Blue Mountains

Wisata Australia populer lain yang tak kalah unik adalah Blue Mountains. Blue Mountains adalah pegunungan yang terkenal dengan pemandangan yang indah di wilayah New South Wales, Australia. Pegunungan ini berada sekitar 100 km di barat laut Sydney yang memiliki beragam jenis tumbuhan dan satwa serta memiliki beberapa air terjun yang indah.

Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Blue Mountains, seperta berjalan-jalan di jalur pendakian yang disediakan, menyusuri jalur bersepeda yang tersedia, atau mengunjungi Visitor Centre untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai sejarah dan ekologi pegunungan. Aktivitas lain yang populer adalah mengunjungi Jenolan Caves yang merupakan gua-gua karst yang indah dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Fraser Island

Rekomendasi wisata Australia populer namun tak kalah seru adalah Fraser Island. Fraser Island adalah pulau terbesar di Australia yang terletak di wilayah Queensland. Pulau ini memiliki hutan hujan tropis yang indah, pantai yang mempesona, dan sungai yang mengalir di tengah pulau.

Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Fraser Island, seperti berjalan-jalan di jalur pendakian dan menyusuri jalur bersepeda yang tersedia. Aktivitas lain yang populer adalah menyusuri sungai yang mengalir di tengah pulau dengan perahu, berselancar di pantai, atau menyelam di perairan pulau yang menyimpan kekayaan laut yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Cara Menyusun Dana Liburan

Setelah mengetahui beberapa destinasi wisata Australia yang bisa masuk dalam daftar pilihan Anda, berikutnya akan diberikan beberapa tips mnyusun dana liburan yang baik dan efektif. Menyiapkan dana liburan yang cukup sesuai rencana memang perlu dilakukan. Ini tidak lain agar rencana liburan Anda apat terealisasi dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Berikut beberapa cara menyusun dana liburan dengan tepat dan efektif, bisa Anda praktikkan:

  • Membuat anggaran liburan: Buat rencana liburan yang realistis dan buat anggaran untuk setiap aspek liburan, seperti transportasi, penginapan, makan, dan aktivitas.
  • Menyisihkan uang secara rutin: Buat kebiasaan menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda setiap bulan untuk dana liburan.
  • Mencari promo dan diskon: Jangan ragu untuk mencari promo dan diskon yang tersedia saat memesan transportasi, penginapan, atau aktivitas liburan.
  • Mencari sumber pendapatan tambahan: Cari cara untuk menambah pendapatan, seperti bekerja sampingan atau menjual barang yang tidak digunakan.
  • Menghindari pembelanjaan yang tidak perlu: Hindari pembelanjaan yang tidak perlu dan fokus pada anggaran liburan Anda.
  • Mencari paket liburan yang lebih murah: Cari paket liburan yang lebih murah dan sesuai dengan anggaran Anda.
  • Mencari kartu kredit yang memberikan poin atau reward untuk liburan: Beberapa kartu kredit memberikan poin atau reward yang dapat digunakan untuk liburan.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini