Waktu Semakin Dekat, Ini 5 Update Terbaru Seputar Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Minggu, 4 Desember 2022 12:08 Reporter : Shani Rasyid
Waktu Semakin Dekat, Ini 5 Update Terbaru Seputar Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono Prewedding Kaesang Erina. ©2022 Merdeka.com/instagram kaesangp erinagudono

Merdeka.com - Hari pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan pasangannya, Erina Gudono memang masih seminggu lagi. Namun, persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Persiapan itu melingkupi segala aspek mulai dari teknis jalannya acara hingga personel keamanan yang dilibatkan. Kabarnya, ribuan tamu undangan akan memenuhi Pura Mangkunegaran pada Minggu (11/12).

Sejatinya, acara keseluruhan pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di dua tempat. Akad nikah dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Sabtu (10/12), sedangkan resepsi digelar di Puro Mangkunegaran keesokan harinya.

Sebelum tanggal itu juga akan digelar pengajian di rumah Erina di Yogyakarta pada Kamis (8/12), lalu hari Jumat (9/12) akan ada prosesi pemasangan beleketepe, siraman, dan midodareni yang bertempat di rumah Erina.

Lalu seperti apa update terbaru seputar pernikahan tersebut? Berikut selengkapnya:

2 dari 6 halaman

Pemasangan CCTV di Rumah Erina

rumah erina gudono
Arie Sunaryo

Menjelang hari pernikahan, sebanyak 13 kamera CCTV dipasang di sekitar rumah Erina. Pemasangan CCTV ini berada di sisi barat maupun utara rumah Erina.

Ketua RW 59 tempat tinggal Erina, Sukamto, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pemasangan CCTV itu berkaitan dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi ke rumah Erina pada 9 Desember 2022.

“Iya untuk pengamanan. Protap Presiden memang seperti itu,” kata Sukamto.

3 dari 6 halaman

Kakak Laki-Laki Erina jadi Wali Nikah

kaesang pangarep dan erina gudono
©2022 Merdeka.com

Pemilik Pengantin Production yang ditunjuk jadi WO Kaesang-Erina, Dani Wigung mengatakan, kakak Erina, Allen Gudono, ditunjuk sebagai wali nikah. Nantinya, Allen akan mendampingi sang ibu baik saat akad nikah di Sleman maupun saat resepsi di Solo.

“Kakaknya Mbak Erina, Mas Allen, akan mendampingi Ibu Gudono. Baik acara di Yogyakarta sampai acara di Solo. Iya, sebagai wali nikah,” kata Dani dikutip dari Merdeka.com pada Jumat (2/12).

4 dari 6 halaman

Pantangan saat Resepsi

istana pura mangkunegaran surakarta
©2021 Merdeka.com/Antara//Bambang Dwi Marwoto

Saat resepsi, keluarga yang punya hajat harus menaati pakem yang dianut Pura Mangkunegaran, salah satunya soal tata letak pelaminan yang tidak boleh membelakangi lokasi Pringgitan yang merupakan rumah Raja Mangkunegaran. Larangan membelakangi Pringgitan juga diberlakukan untuk para tamu undangan.

Selain itu, hal lain yang menjadi pantangan adalah memindahkan gamelan di Pendopo Ageng Puro Mangkunegaran. Di sana terdapat gamelan pusaka dan legendaris, yaitu Kyai Kenyut Mesem, Kyai Seton, dan Kyai Lipur Sari. Bahkan salah satu gamelan di sana, Kyai Seton, umurnya telah 100 tahun lebih.

5 dari 6 halaman

Polda Jateng Siapkan 2.188 Personel

kaesang pangarep dan erina gudono
©2022 Merdeka.com

Untuk mengamankan pernikahan itu, Polda Jateng menyiapkan 2.188 personel untuk acara di Solo. Sebanyak 2.188 personel itu dibagi ke dalam lima satgas yang ditempatkan di lima titik yaitu di lokasi siraman yang bertempat di kediaman presiden, lokasi start kirab Loji Gandrung, rute kirab, serta Pura Mangkunegaran. Selain itu Polda Jateng juga menyiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan.

“Semuanya dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy pada Sabtu (3/12).

6 dari 6 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

foto 3 dimensi dekorasi di loji gandrung ngunduh mantu kaesangpangarep
©2022 asmoro dekorasi

Untuk melancarkan acara kirab, polisi menerapkan rekayasa lalu lintas di Kota Solo. Kombes Iqbal mengatakan rekayasa itu dilakukan pada momen kirab dari Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran. Rute kirab diawali mulai dari depan Loji Gandrung melalui ruas jalan simpang tiga Sriwedari, simpang tiga Pengadilan Negeri, simpang empat Hotel Novotel, hingga finish di Gapura Mangkunegaran.

“Polda Jateng sudah menyiapkan personel dan strategi pengamanan. Namun untuk kesuksesan seluruh rangkaian acara, kami mohon doa restu, kerja sama, serta partisipasinya agar rangkaian kegiatan berjalan lancar,” kata Kombes Iqbal, dikutip dari ANTARA.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini