Perlu Diketahui, Dokter UGM Ini Jelaskan Pentingnya Pemberian Vaksin COVID-19

Sabtu, 23 Januari 2021 17:00 Reporter : Shani Rasyid
Perlu Diketahui, Dokter UGM Ini Jelaskan Pentingnya Pemberian Vaksin COVID-19 6 jenis vaksin Covid-19. ©2020 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Vaksin COVID-19 telah tiba di Indonesia. Namun keberadaan vaksin ini tetap menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Hal inilah yang menjadi keprihatinan berbagai pihak dalam usaha memutuskan mata rantai penularan virus itu.

Dokter Spesialis Paru RSA UGM, dr. Astari Pranindya Sari M.Sc., Sp.P. menjelaskan bahwa vaksin dibuat dan tiba di Indonesia setelah melewati perjalanan panjang. Dia memaparkan sebuah vaksin diproduksi setelah melewati beberapa fase seperti uji laboratorium dan uji klinis, hingga kemudian keluarlah angka presentase efikasi atau tingkat kemanjuran. Dengan angka 65,3 persen, angka efikasi ini telah lebih dari apa yang disyaratkan oleh WHO yaitu 50 persen.

“Dari proses tersebut, saya harap masyarakat paham bahwa ini berangkat dari usaha untuk pencegahan dan dilakukan dengan sangat serius. Mungkin ada pendapat masyarakat yang mengatakan antibodi dibentuk dengan terkena virus dahulu. Namun dari segi kedokteran hal ini tidaklah etis karena sudah ada upaya pembuatan vaksin. Selain itu, prosesnya bisa membahayakan,” jelas Astari mengutip dari ugm.ac.id.

Dokter Astari juga menjelaskan mengapa vaksin COVID-19 penting digunakan untuk saat ini. Apa saja itu? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Alasan Pentingnya Penggunaan Vaksin...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini