Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang, Ketahui Cara Mengatasinya

Rabu, 25 Mei 2022 16:53 Reporter : Ayu Isti
Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang, Ketahui Cara Mengatasinya Ilustrasi pusing. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/9nong

Merdeka.com - Kepala pusing merupakan salah kondisi umum yang sering terjadi pada siapa saja. Gangguan ini biasanya ditandai dengan gejala kepala yang terasa berat atau nyeri, baik sebagian maupun kepala secara keseluruhan. Selain itu, kepala pusing juga ditandai dengan pandangan mata yang kurang fokus.

Kondisi kepala pusing ini bisa terjadi kapan saja. Biasanya ketika tubuh terserang flu, Anda akan merasakan gejala kepala pusing yang mengganggu. Selain itu, kelapa pusing juga bisa terjadi ketika Anda bangun tidur, termasuk tidur di siang hati. Di mana sebagian atau seluruh kepala terasa berat dan pusing sehingga tidak nyaman saat terbangun.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab pusing setelah tidur siang yang perlu Anda ketahui. Kepala yang terasa pusing setelah bangun dari tidur siang bisa dipengaruhi oleh masalah pernapasan dan kebiasaan mendengkur, bruxism atau kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur, hingga kondisi tempat tidur yang tidak bersih.

Beberapa faktor ini bisa menjadi alasan mengapa Anda sering pusing saat terbangun dari tidur siang. Meskipun umum terjadi, namun kondisi ini cukup mengganggu dan perlu segera diatasi dengan baik.

Melansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa penyebab pusing setelah tidur siang beserta cara mengatasi, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang: Kebiasaan Mendengkur dan Bruxism

Kebiasaan Mendengkur

Penyebab pusing setelah tidur siang yang pertama mungkin disebabkan oleh masalah pernapasan dan kebiasaan tidur mendengkur yang sering Anda lakukan. Perlu diketahui, jika Anda tidak bernapas dengan benar saat tidur dan sering mendengkur, ini tidak hanya mengganggu kualitas tidur tetapi juga sering menyebabkan pusing setelah bangun.

Mendengkur juga bisa menjadi tanda apnea tidur obstruktif. Biasanya orang yang mengalami ini ditandai dengan beberapa gejala seperti:

  • Berhenti bernapas saat tidur
  • Sering terbangun di malam hari
  • Sering berkeringat di malam
  • Merasa kantuk di siang hari (karena tidak mendapatkan
  • istirahat yang cukup di malam hari)

Bruxism

Penyebab pusing setelah tidur siang berikutnya bisa dipengaruhi oleh faktor bruxism. Bruxism adalah kebiasaan menggertakkan atau mengatupkan gigi tanpa disadari. Jika Anda melakukan ini, terutama saat Anda tidur, ini bisa menjadi menyebabkan gangguan sakit kepala saat bangun tidur.

Kebiasaan ini juga dikaitkan dengan gangguan mendengkur dan sleep apnea. Jika berulang kali, gangguan ini bisa menyebabkan otot tegang di siang hari, di mana kepala terasa nyeri dan pusing. Dengan begitu, bagi Anda yang sering mengalami kondisi ini, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan saran perawatan terbaik.

3 dari 4 halaman

Penyebab Pusing Setelah Tidur Siang: Kehamilan dan Kebersihan Tidur

ilustrasi bangun tidur

©medicalnewstoday.com

Kehamilan

Penyebab pusing setelah tidur siang juga bisa terjadi saat Anda hamil. Seperti diketahui, kehamilan dapat menyebabkan kelelahan, dan sering kali mendorong Anda lebih banyak tidur siang. Saat terbangun dari tidur siang, mungkin Anda akan mengalami sakit kepala atau pusing secara tiba-tiba.

Biasanya, gangguan pusing yang terjadi saat kehamilan dikaitkan dengan beberapa faktor. Seperti dehidrasi, kondisi gula darah yang rendah, adanya penyumbatan, hingga sistem kerja hormon dalam tubuh.

Jika Anda sering pusing karena kurang minum, maka tingkatkan asupan cairan Anda dengan baik. Pastikan Anda minum cukup cairan, namun minimalisir minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti alkohol. Usahakan pula makan dengan cukup dan teratur. Jika sakit kepala Anda tidak hilang, bicarakan dengan dokter kandungan tentang gejala yang Anda alami.

Kebersihan Tidur

Penyebab pusing setelah tidur siang yang terakhir bisa terjadi akibat faktor kebersihan tidur yang tidak diperhatikan dengan baik. Jika Anda memiliki kebersihan tidur yang buruk, seperti tidak membersihkan tempat tidur dari barang-barang atau debu yang menempel, ini bisa menjadi faktor sakit kepala saat Anda bangun dari tidur siang.

Selain itu, pusing setelah bangun tidur juga bisa disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah. Misalnya ketika Anda menggunakan bantal dengan posisi kepala dan leher yang tidak nyaman, maka ini bisa menyebabkan otot kepala tegang.

Tak heran, Anda sering mengalami sakit kepala jika tidur kerap dengan posisi yang kurang nyaman. Ahli menyarankan untuk menggunakan bantal yang dapat menahan kepala dan leher dalam posisi netral, artinya tidak miring sama sekali.

Jika Anda tidur siang karena tidak cukup tidur di malam hari karena insomnia, tidur terlalu sedikit di siang hari juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Di sisi lain, tidur siang terlalu lama juga dapat menyebabkan sakit kepala, karena tidur berlebihan juga merupakan faktor risiko sakit kepala.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Pusing Setelah Bangun Tidur

ilustrasi bangun tidur
©medicalnewstoday.com

Setelah memahami beberapa penyebab pusing setelah tidur siang, terakhir Anda perlu mengetahui upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan ini. Secara umum, cara mengatasi pusing setelah tidur siang adalah dengan menghindari beberapa penyebab yang dapat memicunya.

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur, pernapasan yang kurang baik, dan sering menggertakkan gigi, segera bicarakan dengan dokter agar bisa mendapatkan saran penanganan yang baik. Jika Anda pusing karena tidur dengan lingkungan yang kurang bersih dan nyaman, maka usahakan untuk membuat kamar tidur tetap bersih, serta gunakan peralatan tidur yang nyaman untuk mengurangi risiko sakit kepala.

Selain itu, cara mengatasi pusing setelah tidur siang juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman berkafein, rutin berolahraga setiap hari, membatasi tidur siang (tidak terlalu singkat dan terlalu lama), melakukan teknik relaksasi sebelum tidur, serta bangun dengan lebih santai dan hati-hati (tidak terburu-buru). Beberapa cara ini mungkin sederhana, namun dapat membantu Anda mengatasi gangguan pusing setelah bangun tidur secara efektif. [ayi]

Baca juga:
Kenapa Kepala Sering Pusing Ketika Beraktivitas di Luar? Ini Penjelasannya!
Penyebab Kepala Pusing setelah Makan Gula, Ini Beberapa Alasannya
Cara Mengobati Vertigo, Ketahui Gejala dan Penyebabnya
Perbedaan Pusing Hamil dengan Pusing Biasa yang Perlu Diketahui, Ini Lengkapnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini