Mengenal Sosok Mbah Hambali, Kiai Pendiri Pondok Al-Frustasiyah yang Karismatik

Jumat, 23 Oktober 2020 14:04 Reporter : Shani Rasyid
Mengenal Sosok Mbah Hambali, Kiai Pendiri Pondok Al-Frustasiyah yang Karismatik Pondok Al-Frustasiyah. ©Alfrustasiyah.com

Merdeka.com - KH Hambali Abu Sujak Ar-Ruslani, atau lebih dikenal dengan nama Mbah Hambali adalah salah seorang ulama yang disegani di Dusun Caruban, Lasem, Rembang. Dilansir dari Alfrustasiyah.com, Mbah Hambali dikenal sebagai sosok yang karismatik. Di Lasem, dia mendirikan pondok pesantren yang kelak diberi nama unik,”Al-Frustasiyah”. Tapi perjuangannya sebelum akhirnya bisa mendirikan pondok itu bukanlah hal mudah.

Pada masa mudanya, terutama setelah menikah, dia banyak mengalami tantangan hidup yang luar biasa. Banyak ulama yang tak cocok dengan sepak terjangnya. Tapi hal itu tak menghalangi langkah perjuangan Mbah Hambali dalam berdakwah.

Atas petunjuk gurunya, dia kemudian mendirikan pondok pesantren di Dusun Caruban, Lasem, yang khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang mengalami masalah kejiwaan. Berkat ketekunan dan kegigihannya dalam berikhtiar dan berusaha, pondok Al-Frustasiyah bisa berdiri megah seperti saat ini. Berikut sekelumit kisah tentang kehidupan Mbah Hambali:

Baca Selanjutnya: Keturunan Sunan Kalijaga...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini