Mengenal Penyebab Asam Lambung Naik pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Jumat, 1 Januari 2021 15:00 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Penyebab Asam Lambung Naik pada Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi ibu hamil. ©Shutterstock/Valua Vitaly

Merdeka.com - Asam lambung menjadi salah satu keluhan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Penyakit yang sering disebut sebagai astroesophageal reflux disease (GERD) ini biasanya ditandai dengan gejala sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, hingga perut terasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan dan sedang hamil.

Melansir Medical News Today, penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Umumnya, seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami rasa nyeri pada ulu hati.

Sakit ulu hati dapat menimbulkan keadaan tidak nyaman di daerah antara bagian bawah tulang dada dan pusar. Penderita biasanya juga akan merasakan rasa sakit sebelum makan, saat makan, atau setelah makan. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung, seperti kebiasaan merokok, infeksi bakteri H. Pylori, hingga efek samping obat-obatan tertentu.

Namun jangan khawatir, penyakit asam lambung pada ibu hamil bisa diatasi dengan cara alami. Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik pada ibu hamil secara alami? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Medical News Today berikut ini.

Baca Selanjutnya: Mengenal Gejala Asam Lambung Naik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini