Ketahui Makanan Kadal, Lengkap Beserta Jenis dan Cara Memeliharanya

Jumat, 14 Januari 2022 12:21 Reporter : Jevi Nugraha
Ketahui Makanan Kadal, Lengkap Beserta Jenis dan Cara Memeliharanya kadal. ©AFP

Merdeka.com - Makanan kadal penting untuk diketahui bagi Anda yang tertarik ingin memelihara kadal. Kadal adalah jenis reptil yang saat ini banyak dipelihara oleh banyak. Bentuknya yang unik dan lucu, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta reptil.

Meski demikian, hewan ini pada dasarnya adalah hewan liar yang membutuhkan perawatan yang tepat dan penuh kewaspadaan. Oleh karena itu, asupan makanan kadal pun perlu diperhatikan.

Kadal sendiri merupakan kelompok reptilia bersisik berkaki empat yang tersebar di seluruh dunia. Umumnya, kadal bertubuh kecil, padat, bersisik licin, berkilau, dan hidup di tanah. Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia yang merupakan anggota dari bangsa reptil bersisik.

Bagi Anda yang ingin mencoba memelihara kadal, penting untuk mengetahui jenis makanan yang disukainya. Berikut beberapa makanan kadal dan jenis-jenisnya yang merdeka.com rangkum dari Mongabay dan Wiki How:

2 dari 3 halaman

Jenis-jenis Kadal

muncul setelah
mongabay.co.id ©2020 Merdeka.com

Sebelum mengenal makanan kadal, terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis kadal yang ada di dunia. Ada beberapa jenis kadal dengan ciri dan karakternya masing-masing. Dikutip dari Mongabay, berikut beberapa jenis kadal paling unik di dunia.

Kadal Duri Mata Merah

Salah satu jenis kadal yang paling unik di dunia adalah kadal duri mata merah. Kadal duri mata merah atau kadal Tribolonotus Gracilis ini memiliki wujud cukup menyeramkan. Kadal yang berasal dari Papua ini memiliki ukuran dewasa mencapai 25 meter dan terdapat lingkaran merah di sekeliling matanya.

Kadal Monster Gila

Kadal monster gila atau kadal Heloderma suspectum adalah spesies kadal yang berasal dari Amerika Serikat. Kadal ini menjadi salah satu kadal berbisa di dunia. Meski memiliki gigitan yang cukup menyakitkan, tidak ada laporan yang mengakibatkan kematian manusia.

Kadal Soa-soa Layar

Jenis kadal paling unik selanjutnya, yaitu kadal soa-soal layar. Kadal ini memiliki bentuk menyerupai miniatur dinosaurus atau naga ketimbang kadal sehingga dalam bahasa Inggris disebut sail-fin dragon.

Kadal soa-soa layar sendiri memiliki punggung yang ditumbuhi duri-duri kecil. Pada kadal jantan, bagian pangkal ekor dilengkapi layar tinggi yang bentuknya mirip layar perahu tradisional Hongkong.

Bunglon Kurcaci Daun

Kadal ini memiliki ukuran sengat kecil dengan tubuh hanya sepanjang 16 milimeter. Para ilmuwan mengungkap bahwa bunglon kurcaci daun mungkin saja menjadi batas pengecilan yang bisa dicapai seekor vertebrata dengan struktur mata yang kompleks.

3 dari 3 halaman

Makanan Kadal

ilustrasi hewan kadal

BACA JUGA:
{news_title}

©2020 Merdeka.com

Seperti yang sudah diketahui, kadal adalah kelompok yang bervariasi. Adapun jenis kadal yang peling kecil umumnya pemakan serangga.

Namun, spesies kadal lain dapat menjadi herbivora, dengan makanan kadal vegetarian atau sayur-sayuran. Atau omnivora, dimana makanan kadal berupa daging dan sayuran.

BACA JUGA:
{news_title}

Sementara itu, untuk kadal yang biasa hidup di alam liar, makanan kadal sebagai berikut.

• Telur

• Buah dan sayuran

BACA JUGA:
{news_title}

• Berbagai macam cacing, lalat, kumbang, laba-laba, dan jenis serangga lainnya.

• Hewan kecil lainnya seperti bayi tikus, bayi burung, atau kadal yang lebih kecil.

Cara Memelihara Kadal

BACA JUGA:
{news_title}

Kadal kecil memiliki bentuk unik dan lucu sehingga tidak sedikit orang yang kini mulai memeliharanya. Bagi Anda yang ingin memelihara kadal, berikut beberapa cara memelihara kadal yang benar.

Ciptakan Habitat yang Tepat

Cara memelihara kadal yang pertama, yaitu menciptakan habitat yang tepat dengan mempelajari kandang yang dibutuhkan kadal. Pastikan kandang tersebut aman agar kadal tidak mudah melarikan diri.

BACA JUGA:
{news_title}

Selain itu, tentukan juga suhu yang dibutuhkan oleh kadal. Kebanyakan reptil membutuhkan lampu pemanas untuk memperoleh suhu yang tepat. Namun, lampu dan bohlam yang berbeda akan menghasilkan jumlah panas yang berbeda pula. Untuk itu, Anda harus memilih lampu yang cocok dengan suhu yang dibutuhkan oleh kadal.

Menyediakan Makanan dan Minuman

Cara memelihara kadal selanjutnya, yaitu menyediakan makanan dan minuman yang cukup. Kebanyakan kadal suka memangsa serangga hidup-hidup. Jangkrik merupakan salah bahan makanan yang disukai oleh kadal.

BACA JUGA:
{news_title}

Selain itu, beberapa jenis kadal adalah omnivora yang memakan buah dan sayur, seperti tomat, pir, apel, dan selada, labu, dan lainnya. Dengan memberinya makanan tersebut secara rutin dan teratur, berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh kadal.

Beri Perawatan yang Baik

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kadal juga membutuhkan kandang yang bersih dan nyaman. Maka dari itu, bersihkan kandang secara menyeluruh setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan begitu, kadal akan merasa nyaman dan sehat.

BACA JUGA:
{news_title}

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini