Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mengenal Apa Itu Gagasan Pokok, Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Gagasan Pokok, Lengkap Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya Ilustrasi membaca. ©2015 Merdeka.com/Lifehack

Merdeka.com - Apa itu gagasan pokok penting diketahui setiap orang. Gagasan pokok merupakan gambaran dari keseluruhan paragraf. Hal ini berfungsi untuk memahami pokok pikiran yang hendak disampaikan oleh penulis.

Secara umum, apa itu gagasan pokok adalah ide atau hasil pemikiran utama dalam sebuah paragraf. Mengingat paragraf adalah kumpulan dari banyak kalimat, maka setiap paragraf pasti memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Biasanya, satu paragraf hanya terdapat satu gagasan pokok.

Apa itu gagasan pokok penting diketahui para pembaca agar bisa membedakan mana kalimat utama dan penjelasan. Berikut penjelasan mengenai apa itu gagasan pokok yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

Apa Itu Gagasan Pokok?

ilustrasi membaca buku

© Negative Space

Apa itu gagasan pokok adalah pemikiran penting dalam sebuah kalimat dan paragraf. Dalam e-modul berjudul Indahnya Kebersamaan Bahasa Indonesia yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan yang ada di kalimat utama.

Gagasan pokok biasanya bersifat umum dan bisa mendeskripsikan seluruh isi paragraf. Kalimat gagasan pokok tidak selalu ditempatkan di awal paragraf, melainkan bisa di tengah, akhir, dan bahkan merangkap di awal serta akhir paragraf.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok

Secara umum, berikut ciri-ciri gagasan pokok, di antaranya:

1. Mendominasi bahasan dalam paragraf

2. Topik utamanya bisa dijelaskan secara terperinci melalui kalimat-kalimat penjelas.

3. Jika letaknya di akhir paragraf, biasanya ditekankan dengan kata kunci seperti “sebagai kesimpulan”, “oleh karena itu”, “yang terpenting”, dan lain sebagainya.

4. Jika berdiri sendiri dalam satu kalimat, maka kalimat tetap memiliki arti yang jelas.

Jenis-Jenis Gagasan Pokok

Apa itu gagasan pokok dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Gagasan Induktif

Gagasan induktif adalah kalimat utama yang terletak di awal paragraf dan diawali dengan suatu hal yang umum, kemudian kalimat berikutnya berupa hal-hal khusus.

Gagasan Deduktif

Gagasan deduktif merupakan gagasan pokok yang berada di bagian akhir paragraf. Oleh karena itu, paragraf pada gagasan pokok deduktif ini akan diawali dengan hal-hal khusus terlebih dahulu, kemudian hal-hal umum.

Gagasan Campuran

Gagasan campuran adalah gagasan yang berasal dari gabungan antara gagasan induktif dengan gagasan deduktif. Gagasan campuran berada di awal dan akhir paragraf.

Cara Menemukan Gagasan Pokok

ilustrasi membaca buku

readingrockets.org

Apa itu gagasan pokok penting diketahui setiap orang, terutama yang suka membaca buku. Berikut cara menemukan gagasan pokok, di antaranya:

Mencermati Setiap Kalimat

Cara menemukan gagasan pokok yang pertama adalah mencermati setiap kalimat. Dalam membaca sebuah paragraf, sebaiknya baca dengan teliti agar mudah menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.

Identifikasi Ide

Setelah mencermati setiap kalimat, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi setiap benda atau objek di dalam paragraf tersebut. Pembaca perlu mengidentifikasi ide, subjek, dan objek. Dengan begitu, nantinya paragraf utama bisa ditemukan dengan mudah.

Tentukan 1 Kalimat yang Cocok

Cara menemukan gagasan pokok selanjutnya adalah menentukan satu kalimat yang cocok dijadikan kalimat utama. Bila ingin menemukan gagasan pokok sebaiknya temukan 1 kalimat yang ada di dalam paragraf yang benar-benar mewakili semua paragraf yang ada.

Contoh Gagasan Pokok

Apa itu gagasan pokok adalah gambaran dari keseluruhan paragraf. Gagasan ini berfungsi untuk memahami pokok pikiran yang hendak disampaikan oleh penulis. Dikutip dari Liputan6.com:

Tari Kipas Pakarena adalah kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisah Tari Pakarena sendiri berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langit (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu. Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat.

Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa. Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu.

Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perem- puan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

- Gagasan Pokok 1: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

- Gagasan Pokok 2: Kisah Tari Pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langit (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi).

- Gagasan Pokok 3: Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia.

(mdk/jen)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Gagasan Pokok adalah Inti dari Sebuah Bacaan, Kenali Ciri-cirinya
Gagasan Pokok adalah Inti dari Sebuah Bacaan, Kenali Ciri-cirinya

Gagasan pokok mencerminkan ide utama yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
6 Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama, Lengkap Beserta Penjelasannya
6 Contoh Kalimat Utama dan Gagasan Utama, Lengkap Beserta Penjelasannya

Berikut contoh kalimat utama dan gagasan utama lengkap beserta penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya

Teks eksposisi adalah suatu jenis karangan yang memaparkan gagasan, konsep, atau fakta yang bersifat umum.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Konsumsi Makanan yang Sedikit Gosong, Ketahui Risiko yang Mungkin Muncul
Konsumsi Makanan yang Sedikit Gosong, Ketahui Risiko yang Mungkin Muncul

Konsumsi makanan sedikit gosong bisa menimbulkan dampak pada kesehatan yang perlu diperhatikan.

Baca Selengkapnya
40 Contoh Kata-kata Penutup Presentasi yang Menarik dan Berkesan, Bikin Pendengar Tak Bosan
40 Contoh Kata-kata Penutup Presentasi yang Menarik dan Berkesan, Bikin Pendengar Tak Bosan

Ada beragam contoh kata-kata penutup presentasi yang menarik untuk digunakan.

Baca Selengkapnya
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag

Gorengan adalah makanan yang jadi favorit banyak orang termasuk untuk berbuka puasa. Sayangnya makanan ini sebaiknya dhindari.

Baca Selengkapnya
Gorengan Selalu Menggoda untuk Buka Puasa, Akankah Memicu Asam Lambung?
Gorengan Selalu Menggoda untuk Buka Puasa, Akankah Memicu Asam Lambung?

Sebagai alternatif makanan yang diminati di Indonesia, gorengan sering dijadikan pilihan untuk takjil saat berbuka puasa.

Baca Selengkapnya
Potret Gagah Anggota Kopassus Hadiri Pelantikan Anak jadi Polisi, Sosoknya jadi Perhatian
Potret Gagah Anggota Kopassus Hadiri Pelantikan Anak jadi Polisi, Sosoknya jadi Perhatian

Seorang anggota Kopassus datang ke pelantikan sang anak untuk jadi Polisi, bangga, cium kening, dan sang anak cium kaki ibunda.

Baca Selengkapnya
Momen Anggota Kopassus Berambut Gondrong Pasangkan Baret Merah ke Anaknya saat Pelantikan, Sosoknya Jadi Perhatian
Momen Anggota Kopassus Berambut Gondrong Pasangkan Baret Merah ke Anaknya saat Pelantikan, Sosoknya Jadi Perhatian

Berikut momen anggota Kopassus berambut gondrong pasangkan baret merah ke anaknya saat pelantikan menjadi anggota Kopassus.

Baca Selengkapnya