Kepanjangan RIP adalah Rest In Peace, Ketahui Makna dan Cara Penggunaannya

Kamis, 13 Januari 2022 11:53 Reporter : Jevi Nugraha
Kepanjangan RIP adalah Rest In Peace, Ketahui Makna dan Cara Penggunaannya ilustrasi sedih. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/luxorphoto

Merdeka.com - Ucapan belasungkawa menjadi salah satu cara menunjukkan simpati pada orang yang sedang berduka. Biasanya, ungkapan duka cita ini berisi tentang doa dan kalimat-kalimat yang menguatkan. Salah satu ucapan bela sungkawa yang paling banyak digunakan adalah RIP.

Istilah RIP sering dijumpai di media sosial ketika ada kabar duka tentang kematian. Untuk itu, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum mengerti kepanjangan RIP dan makna dari istilah tersebut.

Bagi kamu yang belum mengerti dan penasaran dengan kepanjangan RIP, jangan khawatir. Berikut kepanjangan RIP dan maknanya yang merdeka.com rangkum dari KapanLagi.com:

2 dari 3 halaman

Kepanjangan RIP dan Artinya

006 kun sila ananda

©ehiyo.com

Hampir setiap ada orang yang meninggal dunia, kita sering menjumpai kata RIP. Kepanjangan RIP, yaitu Rest In Peace, yang memiliki arti istirahat dengan damai.

Namun menurut Jonar T. H Situmorang dalam bukunya Kristologi, menyebutkan bahwa sebenarnya kepanjangan RIP adalah Requisecent In Peace yang artinya semoga beristirahat dalam kedamaian. Maka dari itu, wajar jika istilah RIP sering dipakai untuk ucapan duka cita, dengan maksud mendoakan orang yang sudah meninggal bisa tenang di alam sana.

Penggunaan RIP

Seperti yang sudah diketahui, istilah RIP biasa digunakan sebagai ucapan belasungkawa dan doa untuk orang yang sudah meninggal. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan istilah ini saat mengucapkan duka cita di media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan aplikasi lainnya.

Menariknya, istilah RIP juga telah jadi kata gaul di kalangan anak muda. Tidak jarang istilah ini digunakan sebagai ungkapan keprihatinan terhadap suatu keadaan. Misalnya, seperti tagar #RIPAkalSehat atau yang sempat viral beberapa waktu lalu. Selain itu, masih banyak ungkapan jenaka lain tentang RIP yang mudah ditemui di media sosial.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Istilah Ungkapan Duka dalam Bahasa Inggris

013 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Selain RIP, banyak sekali istilah ungkapan duka dalam bahasa Inggris yang memiliki makna mendalam. Berikut beberapa ungkapan duka cita dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Our thoughts and prayers are with you (Kami selalu mendoakanmu).

2. We are mourning to hear your lost. Be strong. (Kami sangat sedih mendengar kabar duka ini. Tetap kuat ya!).

3. I am so sorry to hear that disaster you are experienced. (Aku turut berduka cita mendengar musibah yang kau alami ini).

4. We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence. (Kami turut berkabung atas kehilangan yang sangat dalam dengan simpati dan belasungkawa yang sangat dalam).

5. A good person will grant the best place in Heaven. Our deepest condolences for you loss. (Orang yang baik akan mendapatkan tempat terbaik di surga. Kami ingin menyampaikan rasa belasungkawa kami yang paling dalam).

6. May the peace that comes from the memories of love shared comfort you now and in the days ahead. (Semoga ketenangan yang datang dari kenangan bahagia dapat membuatmu merasa lebih baik sekarang dan seterusnya).

7. We will treasure our memories of him/her and offer you our condolences.
(Kami akan menghargai kenangan kami tentang dia dan menyampaikan belasungkawa kami)

8. I am lost for words at this sad time. Please know that I am thinking of you and praying for peace and comfort. (Saya kehilangan kata-kata pada saat yang menyedihkan ini. Ketahuilah bahwa saya memikirkanmu dan berdoa untuk kedamaian dan ketenanganmu)

8. If the people we love are stolen from us, the way to have them live on is to never stop loving them. James O'Barr (Jika orang yang kita cintai dicuri dari kita, cara agar mereka tetap hidup adalah dengan tidak pernah berhenti mencintai mereka).

9. The ones we love are never gone; they live within our hearts. We are sorry beyond words for your loss. (Orang-orang yang kita cintai tidak pernah pergi; mereka hidup di dalam hati kita. Kami minta maaf melebihi kata-kata atas kehilangan Anda).

10. No words can comfort you from your sadness, but don't worry, we are always here for you. (Tidak ada kata-kata yang bisa menghiburmu dari rasa sedih, tapi jangan khawatir, kita semua di sini untukmu).

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini