Bahas Soal Hari Akhir di Mutiara Hati SCTV, Ini Pesan Quraish Shihab

Kamis, 29 April 2021 15:45 Reporter : Denny Marhendri
Bahas Soal Hari Akhir di Mutiara Hati SCTV, Ini Pesan Quraish Shihab Tidak Benar Siaran Berita Tentang Larangan Mudik Dicabut. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap tahun, acara tausiyah selalu menghiasi layar televisi selama bulan Ramadan. Kebanyakan dari program tersebut memiliki format yang sama, yaitu menampilkan tausiyah menjelang waktu berbuka ataupun saat sahur.

Acara tausiyah yang disiarkan di SCTV ini sudah tayang beberapa kali pada Ramadan sebelumnya. Program Mutiara Hati hadir menjelang waktu Subuh, Zuhur dan Ashar.

Tayangan yang berisi ceramah singkat dari Quraish Shihab itu mengkaji tentang ajaran agama Islam yang penuh damai berdasarkan Alquran dan hadis Rasulullah. Kali ini, Quraish Shihab menjelaskan tentang hari akhir secara sederhana.

2 dari 4 halaman

Selalu Diawasi

Hal itu dijelaskan oleh Quraish Shihab dalam tayangan Mutiara Hati yang diunggah di kanal Youtube SCTV pada beberapa hari lalu. Dalam tayangan tersebut, Quraish Shihab berbagi ilmu tentang Islam.

Quraish Shihab menceritakan hal-hal yang membuat manusia bijaksana merasa terheran. Salah satunya adalah sikap yang mengejar materi duniawi, padahal kematian mengejarnya.

"Lengah dan tak sadar bahwa dia selalu diawasi," jelas Quraish Shihab.

3 dari 4 halaman

Kengerian Hari Kiamat

Tidak hanya itu, Quraish Shihab juga menjelaskan beberapa hal yang membuat orang menangis melalui cerita seseorang yang bijaksana. Hal tersebut adalah peristiwa akhri zaman atau kiamat.

"Hal pertama yang menjadikan aku menangis adalah kengerian akan hari kiamat," tambah Quraish Shihab.

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran

Lebih lanjut, Quraish Shihab menyampaikan pesan bahwa kurangnya pengabdian dan perhitungan Illahi juga menjadi kekhawatiran. Sedangkan yang terakhir adalah tentang surga dan neraka.

"Kedua, kurangnya pengabdian, dan ketiga kekhawatiran akan menghadapi perhitungan illahi. Apakah aku diantar ke surga atau terjerumus ke neraka," tutup Quraish Shihab.

[dem]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini