Kawah Lumpur Kesongo Meletus, Ini Penjelasan Pakar Geologi UGM

Selasa, 1 September 2020 12:08 Reporter : Shani Rasyid
Kawah Lumpur Kesongo Meletus, Ini Penjelasan Pakar Geologi UGM Kawah Lumpur Kesongo Meletus. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Meletusnya kawah lumpur Kesongo di Blora menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat. Pada nyatanya, letusan kawah itu memang berbahaya. Tercatat belasan kerbau milik warga mati karena terkena letusan lumpur. Empat warga-pun mengalami keracunan.

Salahuddin Husein, Ph.D, dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM mengatakan bahwa munculnya letusan di kawah lumpur Kesongo adalah fenomena yang biasa. Dia menjelaskan kawah lumpur yang disebut sebagai Gunung Lumpur Kesongo itu hanyalah satu dari bagian kompleks Gunung Lumpur Kradenan.

Di sana terdapat gunung lumpur lain seperti Kuwu, Medang, Crewek, Cangkingan, dan Banjar Lor. Sementara itu di sebelah timurnya ada gunung lumpur seperti Denanyar, Gresik, Dawar Blandong, Penganson, Lusi, Porong, Gunung Anyar, Pulungan, serta gunung lumpur yang berada di dasar Selat Madura.

“Gunung lumpur atau mud volcanoes adalah fenomena lazim pada cekungan sedimentasi yang mengalami pengendapan secara cepat pada daerah yang secara tektonik aktif,” kata Salahuddin dikutip dari Ugm.ac.id pada Sabtu (29/8).

Baca Selanjutnya: Berada di Zona Rembang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini