Fungsi Root Android, Lengkap Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Selasa, 12 Oktober 2021 10:00 Reporter : Jevi Nugraha
Fungsi Root Android, Lengkap Beserta Kekurangan dan Kelebihannya Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Denys Prykhodov

Merdeka.com - Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang kini telah banyak digunakan di dunia. Lembaga Riset Digital Marketing (Emarketer), menyebutkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia pada 2018 mencapai 100 juta orang.

Indonesia menjadi negara pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia. Di samping itu, android juga dapat digunakan untuk download berbagai macam aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan kini telah tersedia beragam aplikasi yang memungkinkan pengguna android untuk root HP.

Rooting merupakan sebuah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem Android untuk mencapai kontrol istimewa dalam subsistem Linux Android. Ada beragam cara root HP Android, bisa melalui PC ataupun melalui aplikasi. Lantas, apa sebenarnya fungsi root Android? Simak ulasannya yang dirangkum dari Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

Fungsi Root Android

ilustrasi smartphone tidak mau ngecas
©2019 shopify.com

Fungsi root Android adalah untuk menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file atau data yang terletak di dalam perangkat berbasis Android. Untuk smartphone berbasis Android sendiri, beberapa dari file atau sistemnya bersifat locked atau tidak dapat dibuka karena pengguna tidak memiliki ijin akses pada file-file tersebut.

Fungsi root Android ini adalah untuk mengunci file tersebut sehingga pengguna bisa menjadi administrator untuk kemudian secara bebas mampu melakukan aktivitas. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan pengguna adalah memaksimalkan kinerja Android, meng-overlock prosesor bawaan, serta menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak perlu.

Proses rooting juga bisa digunakan untuk menginstall ROM custom dari pihak ketiga. Fungsi root Android ini digunakan untuk mem-becak up aplikasi serta sistem yang ada di Android.

Dengan root Android, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi meskipun secara spesifikasi aplikasi tersebut tidak mendukung dijalankan di Android. Pasalnya, rooting ini merupakan tindakan ilegal maka pengguna akan dihadapkan dengan beberapa risiko.

3 dari 4 halaman

Cara Root Android dengan Aplikasi

012 indra cahya
©2016 Merdeka.com

Cara Root Android pakai KingRoot

Cara root HP Android tanpa PC yang pertama adalah menggunakan aplikasi KingRoot. Aplikasi ini dapat mendukung proses root lebih dari 100.000 tipe smartphone berbasis Android. Adapun cara root HP Android menggunakan aplikasi KingRoot ialah sebagai berikut:

1. Langkah pertama, download aplikasi KingRoot terlebih dahulu.

2. Setelah aplikasi KingRoot sudah terinstal, klik Try Root untuk melakukan proses rooting pada HP Android. Pastikan koneksi internet Anda lancar, sebab proses ini membutuhkan koneksi yang stabil.

3. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa HP Android Anda berhasil diroot.

Cara Root HP Android Pakai FramaRoot

Selain KingRoot, salah satu aplikasi root terbaik saat ini adalah FrameRoot. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah berhasil terinstal, berikut ini langkah-langkah root HP Android menggunakan aplikasi FramaRoot:

1. Setelah membuka aplikasi, kamu akan menemukan pilihan Select an action to execute after root dengan dua pilihan yang ada, yaitu Superuser dan SuperSU. Keduanya sama saja. Kamu dapat memilih salah satu di antaranya.

2. Lalu pilih opsi Gandalf atau Aragorn fungsinya pun sama saja.

3. Setelah itu secara otomatis perangkat akan melakukan rooting. Tunggu beberapa saat. Untuk tiap tipe Android berbeda-beda waktu rootingnya.

4. Perangkatmu telah selesai ter-root.

4. Buka kembali aplikasi KingRoot pada HP, setelah itu klik Menu yang berada di samping kiri atas.

5. Apabila sudah melihat tulisan Root successfully, HP Android Anda berhasil diroot.

4 dari 4 halaman

Kelebihan Rooting Android

Salah satu kelebihan rooting Android adalah memungkinkan ponsel untuk menjalankan aplikasi khusus. Artinya, banyak dari aplikasi ini memberikan kontrol yang besar pada ponsel, seperti lebih banyak pilihan penyesuaian dan menejemen baterai.

Selain itu, fungsi root Android juga dapat menghapus aplikasi pra-instal yang tidak diinginkan dari ponsel. Ketika Anda menginstal aplikasi di Android, aplikasi tersebut tersebut disimpan dalam memori HP. Dengan root Android, memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi yang terinstal ke kartu SD untuk membebaskan memori sistem untuk file atau aplikasi tambahan.

Kekurangan Rooting Android

Rooting Android merupakan memodifkasi kode sehingga dapat menyebabkan perangkat lunak rusak. Ditambah tidak ada garansi yang dapat mencover kerusakan tersebut. Sebab, saat Anda rooting Android, garansi tidak berlaku lagi, dan produsen tidak akan menanggung kerusakan.

Selain itu, beberapa pengguna yang telah melakukan rooting pada Android mereka untuk mempercepat ponsel atau menambahkan fitur tambahan menemukan bahwa ponsel mereka kehilangan kinerja dan fitur.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini