Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Jauh, Mohon Kemudahan dan Keselamatan

Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja Jauh, Mohon Kemudahan dan Keselamatan Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Dalam Islam, sudah menjadi tanggung jawab suami untuk mencari nafkah dan menghidupi keluarga dengan baik. Sebagai kepala keluarga, suami bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan materiil keluarganya, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan perawatan kesehatan, dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuannya.

Dengan begitu, upaya suami untuk bekerja mencari nafkah sehari-hari perlu mendapatkan dukungan penuh dari keluarga. Terlebih lagi, jika pekerjaan suami yang mengharuskannya jauh dari keluarga. Tentu, dukungan moral diperlukan untuk bisa memberikan semangat dan motivasi untuknya.

Selain memberikan dukungan moral, Anda sebagai pasangan bisa membaca beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja jauh. Dengan mengamalkan beberapa doa ini, Anda bisa memohon perlindungan dan keselamatan untuk suami yang sedang bekerja untuk anak dan istrinya.

Di samping itu, beberapa doa ini juga menjadi permohonan kepada Allah untuk selalu diberikan kemudahan dari berbagai kesulitan, hingga memohon untuk diberikan rezeki yang baik dan berkah untuk keluarga. Ini bisa menjadi amalan sederhana yang mudah untuk diamalkan sehari-hari.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum beberapa bacaan doa untuk suami yang sedang bekerja jauh, penting untuk disimak.

Keutamaan Mencari Nafkah Keluarga

Sebelum mengetahui beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja jauh, perlu dipahami terlebih dahulu beberapa hadist yang menjelaskan keutamaan mencari nafkah untuk keluarga. Seperti disebutkan, sudah menjadi tanggung jawab suami bekerja untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya.

Dalam hal ini, Rasulullah telah bersabda bahwa tanggung jawab suami dalam mencari nafkah keluarga ini memberikan keutamaan tersendiri. Seperti dalam hadist riwayat Muttafaq alaih, Rasulullah menerangkan, “Nafkah yang diberikan seorang kepala rumah tangga kepada keluarganya bernilai sedekah. Sungguh, seseorang diberi ganjaran karena meski sesuap nasi yang dia masukkan ke dalam mulut keluarganya,”

Selain itu, Rasulullah juga menyebutkan bahwa kewajiban suami dalam mencari nafkah, kelah akan mendapatkan derajat tinggi di akhirat. Ini pun dijelaskan Rasulullah dalam hadist riwayat Abu Ya’la dari sahabat Abu Said Al-Khudri, “Siapa saja yang baik shalatnya, banyak keluarganya, sedikit hartanya, dan tidak melakukan ghibah terhadap umat Islam, kelak ia bersamaku di surga seperti dua ini (sambil mengisyaratkan dua jari)”

Bukan hanya itu, para kelapa keluarga juga dicintai Allah karena menjadi orang yang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ini dijelaskan Imam Al-Ghazali yang mengutip dari hadist riwayat Ibnu Majah, bahwa Rasulullah bersabda, “Allah menyukai orang fakir yang apik dan yang menjadi tulang punggung keluarga,”

Terakhir, Rasulullah juga menjelaskan salah satu keutamaan mencari nafkah keluarga, yaitu bisa menjadi amalan penghapus dosa. Bahkan, amalan ini dapat menghapus dosa yang tidak dapat terhapus oleh istighfar. “Dari Rasulullah saw, ia bersabda, ‘Dari sekian dosa terdapat jenis dosa yang tidak dapat ditebus kecuali dengan kebimbangan untuk mencari penghidupan (keluarga),’” (HR At-Thabarani, Abu Nu’aim, dan Al-Khatib).

Doa untuk Suami yang sedang Bekerja Jauh: Memohon Perlindungan dan Keselamatan

Setelah mengetahui beberapa hadist yang menjelaskan tentang keutamaan mencari nafkah untuk keluarga, berikutnya akan dijelaskan beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja jauh. Beberapa doa ini menjadi permohonan kepada Allah agar suami diajuhkan dari bahaya dan diberikan keselamatan dunia akhirat.

Selain itu, beberapa doa ini juga menjadi permohonan agar suami dihindarikan dari berbagai kesulitan yang dapat menimpanya di tempat kerja atau di setiap aktivitas yang dilakukan. Berikut beberapa doa untuk suami yang sedang bekerja jauh, bisa diamalkan sehari-hari:

Doa untuk Suami agar Dijauhkan dari Bahaya

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang.”

Doa untuk Suami agar Selamat Dunia Akhirat

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabaròkatan dir rizqi, wa taubatan qòblal maut, waròhmatan indal maut, wa maghfiròtan ba’dal maut,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaròòtil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab,”

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa untuk Suami agar Dihindarkan dari Kesulitan

“Allahumma innii as-alikal ‘afwa wal ‘aaffiyah fid dun-yaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-‘aatii,”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku,“

“Allahumma-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. Wa a-‘uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii,”

Artinya: “Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku,”

Doa untuk Suami yang sedang Bekerja Jauh: Memohon Rezeki yang Baik dan Berkah

Selain beberapa doa di atas, terdapat bacaan doa lain yang bisa diamalkan untuk suami yang sedang bekerja jauh. Doa ini tidak lain untuk memohon rezeki yang baik dan berkah dari Allah. Penting bagi istri untuk membaca doa ini, agar setiap rezeki yang didapatkan suami adalah rezeki yang halal, serta berkah dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kehidupan sehari-hari. Berikut bacaan doanya.

Doa untuk Suami agar Diberikan Rezeki yang Baik

“Allòòhumma innii as-aluka an tarzuqònii rizqòn halaalan waasi’an thòyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dlòirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qòdiir,”.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar diberikan rezeki yang halal, yang luas, yang baik, tanpa kesusahan dan juga tanpa kemelaratan serta tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Doa untuk Suami agar Dihindarkan dari Harta Haram

“Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.”

(mdk/ayi)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
image Rekomendasi
Mahfud MD Dapat Bocoran Cak Imin Tak Mungkin Jadi Tersangka Kasus Korupsi Kemnaker

Mahfud MD Dapat Bocoran Cak Imin Tak Mungkin Jadi Tersangka Kasus Korupsi Kemnaker

Cak Imin sebelumnya memenuhi panggilan KPK sebagai saksi dalam kasus korupsi sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kemnaker.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Potret Diplomat Perempuan Pertama Indonesia Laili Roesad Saat Tiba di Belgia, 'Sangat Anggun di Zaman Dulu'

Potret Diplomat Perempuan Pertama Indonesia Laili Roesad Saat Tiba di Belgia, 'Sangat Anggun di Zaman Dulu'

Berikut potret diplomat perempuan pertama Indonesia yang begit anggun.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM dan Jenisnya, Lengkap Disertai Penjelasan hingga Contohnya

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM dan Jenisnya, Lengkap Disertai Penjelasan hingga Contohnya

Apa sebenarnya definisi hingga faktor penyebab pelanggaran HAM tersebut?

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Polisi Nyentrik 11 Kali Ditembak Masih Hidup Ngaku Tak Punya Jimat, Cuma Ilmu ini Diwariskan Dari Sang Kakek

Polisi Nyentrik 11 Kali Ditembak Masih Hidup Ngaku Tak Punya Jimat, Cuma Ilmu ini Diwariskan Dari Sang Kakek

Cerita Aiptu Jakaria soal ilmu 'kekebalan' warisan kakeknya yang selalu membuatnya selamat.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Balok 3 di Pundak kini Bertabur Bintang, Sosoknya Paling Disegani di Kepolisian

Balok 3 di Pundak kini Bertabur Bintang, Sosoknya Paling Disegani di Kepolisian

Inilah sosok polisi pemilik balok 3 di pundak yang kini bertabur bintang dan paling disegani di Kepolisian.

Baca Selengkapnya icon-hand
Raih Gelar Profesor di Usia 42 Tahun, Ini Kisah Perjalanan Dosen Unsoed yang Menginspirasi

Raih Gelar Profesor di Usia 42 Tahun, Ini Kisah Perjalanan Dosen Unsoed yang Menginspirasi

Prof. Yunita juga aktif menulis buku ajar, buku referensi, dan buku monograf terkait perawatan luka.

Baca Selengkapnya icon-hand
Bocah Ini Dulunya Ngarit hingga Ngamen, Kini Jadi Pedangdut Cantik Kondang di Indonesia

Bocah Ini Dulunya Ngarit hingga Ngamen, Kini Jadi Pedangdut Cantik Kondang di Indonesia

Sosok bocah ini dulunya ngarit hingga ngamen. Kini jadi pedangdut sukses.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kenali Penyebab Mati Batang Otak, Kenali Ciri-Cirinya yang Perlu Diwaspadai

Kenali Penyebab Mati Batang Otak, Kenali Ciri-Cirinya yang Perlu Diwaspadai

Mati batang otak adalah kondisi di mana fungsi otak yaitu batang otak berhenti berfungsi. Kondisi ini memiliki penyebab dan ciri yang penting diketahui.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cara Cek SLIK OJK Online Sendiri, Perhatikan dan Ikuti Langkah-Langkahnya

Cara Cek SLIK OJK Online Sendiri, Perhatikan dan Ikuti Langkah-Langkahnya

SLIK OJK berfungsi mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tauhid adalah Dasar Agama Islam, Pahami Konsep dan Jenisnya

Tauhid adalah Dasar Agama Islam, Pahami Konsep dan Jenisnya

Tauhid merupakan landasan dasar yang perlu dipahami umat Muslim.

Baca Selengkapnya icon-hand
Mengenal Jamasan Jimat Kalisalak, Ritual Tahunan Warisan Nenek Moyang Masyarakat Banyumas

Mengenal Jamasan Jimat Kalisalak, Ritual Tahunan Warisan Nenek Moyang Masyarakat Banyumas

Ritual itu diharapkan bisa menjadi festival budaya yang mengundang lebih banyak wisatawan

Baca Selengkapnya icon-hand
Termenung Sedih, Kakek Penjual Aren Ini Baru Sadar Ternyata Dibayar Pakai Uang Mainan

Termenung Sedih, Kakek Penjual Aren Ini Baru Sadar Ternyata Dibayar Pakai Uang Mainan

Kakek ini terlihat duduk lesu memandang dagangannya.

Baca Selengkapnya icon-hand